PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS III SD NEGERI 7 TONDANO

Main Article Content

Sherina Z. H. Djaafar
Lucia A. Pati
Margereta O. Sumilat

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Kelas III SD Negeri 7 Tondano. Metode yang digunakan adalah Penelitian tindakan Kelas oleh Kemmis dan Mc. Taggart meliputi empat tahap yaitu : (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi yang dilakukan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 7 Tondano dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan evaluasi. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase KB =  x100 %, Hasil penelitian pada siklus I = 57.36 % dan siklus II 92.42 %. Dari hasil penelitian maka dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar IPS dan membantu siswa lebih aktif, khususnya siswa kelas III SD Negeri 7 Tondano.

Article Details

Section
Articles