PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS III SD NEGERI 7 TONDANO
Keywords:
Model Pembelajaran Numbered Head Together, Hasil Belajar, IPSAbstract
Tujuan Penelitian ini untuk Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together < em>dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Kelas III SD Negeri 7 Tondano Metode yang digunakan adalah Penelitian tindakan Kelas oleh Kemmis dan Mc Taggart meliputi empat tahap yaitu : 1 Perencanaan 2 Tindakan 3 Observasi 4 Refleksi yang dilakukan dua siklus Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 7 Tondano dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together< em> Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan evaluasi Teknik analisis data menggunakan rumus persentase KB = nbsp;x100 Hasil penelitian pada siklus I = 57 36 dan siklus II 92 42 Dari hasil penelitian maka dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together < em>dapat meningkatkan hasil belajar IPS dan membantu siswa lebih aktif khususnya siswa kelas III SD Negeri 7 Tondano < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id