PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS III SD NEGERI 7 TONDANO
Main Article Content
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Kelas III SD Negeri 7 Tondano. Metode yang digunakan adalah Penelitian tindakan Kelas oleh Kemmis dan Mc. Taggart meliputi empat tahap yaitu : (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi yang dilakukan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 7 Tondano dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan evaluasi. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase KB = x100 %, Hasil penelitian pada siklus I = 57.36 % dan siklus II 92.42 %. Dari hasil penelitian maka dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar IPS dan membantu siswa lebih aktif, khususnya siswa kelas III SD Negeri 7 Tondano.