PENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKTKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GMIM I TOMOHON
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi organ tubuh manusia dan hewan melalui Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) siswa kelas kelas V SD GMIM 1 Tomohon Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data adalah siswa kelas V yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 10 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Pengumpulan data melalui lembar observasi dan data hasil belajar diperoleh melalui tes. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase ketuntasan 75 %. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan pencapaian KB mencapai 6%. Setelah pelaksanaan siklus II pembelajaran lebih meningkat di mana persentase KB mencapai 8,9%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menerapkan Sains Teknologi Masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Saran yang disampaikan, (1) Bagi siswa hendaknya bisa lebih aktif dalam proses pembelajaran IPA materi Organ Tubuh Manusia dan Hewan (2) Sebaiknya guru menggunakan penerapan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dengan memperhatikan langkah-langkah pembelajaran.