UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V SD GMIM I WOLOAN
Main Article Content
Abstract
Belajar merupakan kegiatan berproses dan juga merupakan unsure yang sangat fundamental dalam setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Ini berarti bahwa berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu amat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa, baik ketika ia berada di dalam sekolah maupun di lingkungan rumah atau keluarga sendiri. Sedangkan yang namanya kesulitan belajar itu merupakan kondisi proses belajar yang di tandai oleh hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai kesuksesan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menelaah lebih jauh mengenai Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Sains di SD GMIM I WOLOAN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas v pada mata pelajaran SAINS yang meliputi masalah-masalah yang dihadapi siswa, faktor-faktor penyebab kesulitan belajar, dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar. Metode yang digunakan ialah metode Penelitian Kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dan cara pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan cara observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas tinggi atau kelas V. hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kurangnya upaya guru dalam menangani kesulitan belajar siswa dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Oleh karena itu bimbingan baik dari guru maupun pimpinan sekolah sangat penting dalam meningkatkan keinginan siswa dalam belajar. Dimana mereka dapat mengerjakan tugas sesuai kemauannya sendiri. Karena jika guru kurang dalam melakukan upaya untuk mengatsi masalah tersebut, maka hal itu akan memberikan dampak buruk terhadap hasil belajar anak atau presatasi belajar.