IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS RENDAH DI SD NEGERI LAHENDONG
Main Article Content
Abstract
Tujuan Penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui pelaksanaan monitoring dalam penerapan evaluasi pembelajaran Kurikulum 2013 di SD Negeri Lahendong Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Rendah. Kedua Bagaimana pengukuran dalam penerapan evaluasi pembelajaran Kurikulum 2013 SD Negeri Lahendong Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Rendah. Dan ketiga Bagaimana penskoran dalam pengolahan data evaluasi Kurikulum 2013 di SD Negeri Lahendong Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Rendah?
Hasil penelitian menjelaskan bahwa: (1). Monitoring pada pelaksanaan evaluasi pembelajaran Kurikulum 2013 di SD Negeri Lahendong dilaksanakan di setiap KI (Kompetensi Inti). Pada KI-1 monitoring dilaksanakan oleh kolaborasi antara guru kelas (bahasa Indonesia) dan mata pelajaran agama. Sedangkan untuk KI-2 dilaksanakan oleh guru kelas (bahasa Indonesia). Instrumen yang digunakan pada ranah penilaian sikap ini menggunakan instrumen observasi, penilaian diri dan penilaian antar teman. Monitoring pada KI-3 (ranah kognitif) dan KI-4 (ranah psikomotorik) dilakukan oleh guru kelas masing-masing. Guru di SD Negeri Lahendong melakukan monitoring pada ranah ini disesuaikan dengan jenis evaluasi yang dipilih dan disesuaikan dengan materi saat itu. (2). Pengukuran pada pelaksanaan evaluasi kurikulum 2013 di SD Negeri Lahendong dilaksanakan pada setiap KI (Kompetensi Inti). Pada ranah KI-I dan KI-2 pengukuran berfokus pada sikap peserta didik yaitu sikap spiritual dan sikap sosial. Guru menggunakan metode observasi yaitu dengan cara mengobservasi atau mengamati langsung bagaimana peserta didik bersikap di lingkup sekolah. Pada ranah KI-3 pengukuran yang berfokus pada seputar aspek pengetahuan peserta didik. Guru mengukur seberapa jauh dan seberapa dalam pengetahuan peserta didik melalui penugasan. Pada ranah KI-4 pengukuran ranah psikomotorik dilakukan terhadap hasil-hasil belajar yang berupa penampilan. Teknik pengukuran aspek psikomotor ada dua yaitu teknik evaluasi melalui portofolio dan penugasan. (3). Penskoran dalam pengolahan data evaluasi pembelajaran Kurikulum 2013 di SD Negeri Lahendong berpedoman pada acuan Kurikulum 2013. Penskoran yang dilakukan oleh guru kelas harus berdasarkan rubrik penilaian yang ditulis pada Rencana Pelaksana Pembelajaran (RPP). Untuk penskoran pada KI-1 dan KI-2 atau pada ranah sikap menggunakan range skor 4 – 1. Sedangkan untuk KI-3 atau ranah kognitif siswa menggunakan skor skala besar, yaitu 10 – 100. Pada KI-4 atau ranah psikomotorik menggunakan range skor 0 – 4