MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE DIMASA COVID-19 DI SD KATOLIK ST. ANTONIUS KALI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang motivasi belajar siswa pada pembelajaran online di masa covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SD Katolik St. Antonius Kali Kota Manado pada tanggal 18 agustus 2020 dan 19 agustus 2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar di SD Katolik St. Antonius Kali. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket terbuka, wawancara semi terstruktur, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah diketahui semenjak adanya covid-19 sistem pembelajaran harus dilakukan dengan menggunakan sistem pembelajaran online. Ada beberapa kendala dalam proses pembelajaran daring yaitu kurangnya biaya (kuota) internet, jaringan internet yang tidak lancar, tidak semua siswa mempunyai handpone dan masih banyak orang tua yang sibuk bekerja. Cara meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran daring adalah dengan memberikan dorongan berupa kata-kata pujian misalnya, kamu hebat, pintar. Dengan kata pujian yang sederhana siswa akan lebih semangat dalam belajar. Sebagai orang tua harus selalu mendampingi anak dalam pembelajaran online agar anak tersebut tidak bosan dalam belajar.