PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD KATOLIK ST. JOSEPH SARONGSONG.
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran di sekolah dasar masih bersifat konvensional dimana metode ceramah masih menjadi pilihan utama dalam menyajikan materi pelajaran sehingga sebagian besar kegiatan masih didominasi oleh guru yang menjadikan pembelajaran berpusat pada guru, siswa tidak diberi kesempatan untuk menunjukkan dan mengembangkan sendiri pengetahuannya, inilah masalah yang menyebabkan hasil belajar siswa menurun. Metode yang digunakan dalam penelitian mengambil rancangan Penelitian Tindaan Kelas (PTK) menurut Kemmis & Mc. Taggart (dalam Rochiati, 2009 : 64) yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dari dua silkus yang dilaksanakan dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran bahasa indonesia di kelas IV SD Katolik St. Joseph Sarongsong, dapat dilihat hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 63,92% dan pada silkus II yaitu 87, 72%. Kesimpulan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Katolik St. Joseph Sarongsong