PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GMIM 8 TOMOHON

Main Article Content

Melinda Masania

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model
pembelajaran materi KPK, model pembelajaran digunakan untuk meningkatkan
hasil belajar siswa dalam pembelajaran KPK yaitu dengan menggunakan model
pembelajaran Berbasis Masalah. Metode Penelitian yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian oleh
Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu: Perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam
dua siklus dengan Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD GMIM 8 Tomohon
dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes. Data hasil
penelitian, diperoleh hasil yang dimana siklus I hasil belajar siswa hanya
mencapai 56,67%, Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat
mencapai 88,33%. Kesimpulannya adalah penerapan model pembelajaran
Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD GMIM 8
Tomohon. Disarankan kepada Guru kelas V (Ibu Deasy Salaki S.Pd) agar dapat
menerapkan model ini karena sangat membantu dalam meningkatkan hasil belajar
siswa.

Article Details

Section
Articles