PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PADA MASA COVID-19 DI SD KATOLIK 21 GUNUNG TABOR MANADO

Main Article Content

Misye Makalisang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Pada Masa Covid-19 di SD Katolik 21 Gunung Tabor Manado. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Penelitian Kualitatif yang dikemukakan oleh Sugiyono (2017:2) diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada masa covid-19 belum berjalan dengan baik, sehingga diperlukan upaya-upaya konkrit yang maksimal, agar cara belajar anak dapat tertata, terarah, dan berkesinambungan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa bahwa orang tua telah berperan dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada masa covid-19 di SD Katolik 21 Gunung Tabor Manado. Peran-peran tersebut yaitu : Mengajak dan terlibat pada kegiatan belajar anak, Menyiapkan perangkat pembelajaran, Membimbing dan mengarahkan agar anak dapat mengerjakan pelajaran dengan baik, Mampu memahami dan mengatasi masalah jika terjadi kesulitan pada anak saat belajar.

Article Details

Section
Articles