PENGARUH PEMBELAJARAN KELILING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS III SD N TOUURE KECAMATAN TOMPASO BARAT
Main Article Content
Abstract
Di SD N Touure Kecamatan Tompaso Barat dalam situasi pandemi covid-19 ini kemauan membaca siswa masih rendah, sehingga diperlukan pembelajaran alternative untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini yaitu Pembelajaran Keliling Kelompok. Tujuan penelitian ini adalah Pembelajaran Keliling Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Siswa Kelas Iii Sd N Touure Kecamatan Tompaso Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Dengan metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design dengan jenis one group pre-test dan post-test design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas III SD N Touure Kecamatan Tompaso Barat yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus statistik uji “t”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca siswa kelas III sebelum menerapkan pembelajaran keliling kelompok mendapat nilai rata-rata 46. Setelah menerapkan pembelajaran keliling kelompok dikelas III mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 79. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, dapat diberikan interpretasi terhadap t0 dengan terlebih dahulu memperhitungkan Df atau Dbnya. Df atau Db = N-1 = 21-1 = 20, dengan Df sebesar 20 peneliti berkonsultasi pada tabel nilai “t”. Dfnya sebesar 20 maka diperoleh pada tt signifikan 5% sebesar 2,086, sedangkan pada taraf signifikan 1% tt sebesar 2,845. Dari proses membandingkan besarnya “t” maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar dari pada tt yaitu 2,086<16,9>2,845. Karena t0 lebih besar daripada tt maka hipotesis nihil yang diajukan ditolak, ini berarti adanya pengaruh pada keterampilan membaca siswa kelas III SD N Touure Kecamatan Tompaso Barat.