PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD GMIM V TOMOHON

Main Article Content

Linda Resiska Deeng

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi peneliti ketika melaksanakan observasi di Sekolah Dasar. Peneliti menemukan hasil belajar Bahasa Indonesia Di Kelas V SD GMIM V Tomohon kurang optimal siswa mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran berlangsung. Hal ini disebabkan karena dalam proses kegiatan belajar mengajar pembelajaran hanya bersifat satu arah, yaitu hanya guru yang berperan sedangkan siswa hana menjadi pendengar. Sehingga mengakibatkan proses belajar mengajar tidak optimal.Dalam proses pendidikan terjadi proses perkembangan pada anak yang meliputi berbagai aspek. Diantaranya aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik. Dengan adanya proses pendidikan maka perkembangan dapat berhasil secara optimal. Yaitu berkembang sesuai dengan potensi dan sistem nilai yang dianut oleh anak. Pendidikan bukanlah suatu proses memaksakan kehendak orang dewasa kepada anak, melainkan upaya menciptakan kondisi yang kondusif bagi perkembangan anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia Di Kelas V SD GMIM V Tomohon, melalui penerapan model pembelajaran Role Playing. Role Playing adalah salah satu model pembelajaran interaksi sosial yang menyediakan kesempatan kepada murid untuk melakukan kegiatan-kegiatan belajar secara aktif dengan pesonalisasi.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dikemukakan oleh Kemmis dan C Taggart (Zainal Aqib,2006:5-6), terdiri dari 4 tahap utama, yaitu : perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus. Hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai 57,14%. Kemudian pada siklus II hasil belajar siswa mencapai keberhasilan yang baik yaitu mencapai 84,28%.Terbukti Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas V SD GMIM V Tomohon.

Article Details

Section
Articles