PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik tentang penggunaan model pembelajaran example non example dalam meningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk Penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitiaan yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc.Taggart yang meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dalam satuan hitung persentase terhadap ketercapaian indikator-indikator setiap fokus masalah. Analisis data dilakukan pada setiap akhir tindakan pada setiap siklus.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan di kelas IV SD GMIM Talawaan Atas, dengan menggunakan Model Pembelajaran examples Non-examples, hasil belajar IPA di kelas IV SD Katolik St. Theresia Malalayang Manado terjadi peningkatan. Hasil belajar siswa siklus I 46,64% dan meningkat pada siklus II 90,52%. Oleh karen itu penggunaan model pembelajaran examples Non-examples, sangat memudahkan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar.