PENERAPAN PENDEKATAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES KAKASKASEN III

Main Article Content

Hetty Tumurang

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada 29 orang siswa yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan, yang bisa mendapat nilai baik hanya 10 siswa atau 35 % sedangkan 19 siswa atau 66 % mendapat nilai kurang. Hal ini mempengaruhi pencapaian KKM sehingga, penelitian yang dilakukan belum mencapai KKM yaitu 75 %. Melihat kondisi rendahnya hasil belajar siswa tersebut beberapa upaya dilakukan salah satunya adalah penerapan metode peta konsep. Dengan penerapan model peta konsep kepada siswa diharapkan siswa dapat meningkatkan aktifitas belajarnya, sehingga terjadi pengulangan dan penguatan terhadap meteri yang diberikan di sekolah dengan harapan siswa mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu guru menerapkan metode peta konsep dengan memperhatikan lagi langkah-langkah proses pembelajaran dengan menyusun materi dan media pembelajaran yang menarik.

Article Details

Section
Articles