PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Article Content

MARTINUS M KROWIN

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Dalam pelaksanaannya penelitian tindakan ini menggunakan model Kurt Lewin. Dikatakan demikian karena dialah yang pertama kali Memperkenalkan penelitian tindakan. Model Kurt Lewin menyatakan bahwa satu siklus terdiri dari empat alur penilaian antara lain perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.


Dari analisis data hasil tes yang dilakukan, memperlihatkan bahwa pada siklus pertama ketuntasan daya serap belajar siswa secara klasikal (65,55%). Pada siklus kedua daya serap secara individu meningkat hingga mencapai nilai ketuntasan (87,22%). Artinya, telah tercapai peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal, sehingga penelitian ini telah berhasil dengan baik dan memuaskan. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaan kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa dikelas IV Sekolah Dasar.

Article Details

Section
Articles