PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Main Article Content

STELLY V MANAWAN

Abstract

Tujuan kegiatan penelitian ini adalah mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III sekolah dasar pada pembelajaran IPS. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang mengacu pada metode penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri atas empat rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam siklus berulang. Empat kegiatan utama yang ada pada setiap siklus yaitu sebagai berikut: Perencanaan (planning), Pelaksanaan (acting), Pengamatan (observing), dan Refleksi (reflecting).


Hasil kegiatan penelitian ini pada siklus I sebesar 56%. Hal ini memperjelas bahwa masih ada berbagai persoalan yang harus dilengkapi pada siklus berikutnya. Sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 83%, dengan meningkatnya presentase ketuntasan belajar siswa pda siklus kedua ini sehingga telah mencapai kriteria ketutasan minimal, maka penelitian ini dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran examples non examples dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SD Negeri 02 Manado.

Article Details

Section
Articles