PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD BEREA TONDANO

Main Article Content

Mayske R Liando

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Berea Tondano dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada keterampilan menulis materi cerita pendek atau cerpen melalui penerapan model pembelajaran Picture and Picture. Metode penelitian yang dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Raefleksi yang digunakan pada dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Berea Tondano yang berjumlah 23 orang, 14 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Untuk mendapatkan data maka digunakan teknik pengumpulan data: instrumen penelitian pengamatan interaksi belajar mengajar dan tes hasil belajar dari siswa itu sendiri. Hasil penelitian data menunjukan bahwa dari hasil belajar saat dilakukan tindakan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan tersebut ditunjukan dari hasil analisis yang didapatkan dari nilai rata-rata pada siklus I yaitu 73,33% dan siklus II 90% jadi mengalami peningkatan sehingga pelaksanaan tindakan dapat dikatakan berhasil

Article Details

Section
Articles