MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS V SD INPRES KAKASKASEN TIGA
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di kelas V SD INPRES KAKASKASEN TIGA dalam pembelajaran IPS, ditemukan bahwa dalam kegiatan proses pembelajaran yang berlangsung guru hanya meberikan metode ceramah kepada peserta didik, terlalu terpaku dengan bahan ajar tanpa mengembangkan materi secara luas, tanpa percobaan ataupun eksperimen yang dilakukan yang membuat siswa merasa mengantuk bahkan kurang bersemangat dalam belajar. Dalam mengatasi masalah kesulitan belajar mengajar tersebut, guru menerapkan model inkuiri. Model inkuiri merupakan suatu proses yang umum yang dilakukan manusia untuk mencari atau memahami informasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD INPRES KAKASKASEN TIGA dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPS dengan materi interaksi sosial di indonesia dapat menambahkan pengetahuan dan wawasan dalam kegiatan belajar mengajar. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang di kemukakan oleh Kemmis dan Mc Tanggart dalam Aqib Zainal (2006 : 13), diamana penelitian ini menggunakan alur spiral yang terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaa, pengamatan dan refleksi dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD INPRES KAKASKASEN TIGA yang berjumlah 11 orang siswa. Hasil penelitian yang dicapai pada siklus I adalah 68,18% dan siklus II hasilnya mencapai 85,45% dalam hal ini terjadi peningkatan hasil belajar siswa.