PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES TOMBATU DUA
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan peneliti di SD Inpres Tombatu 2 khususnya siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 9 siswa perempuan dan 11 laki-laki. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan model Demostrasi pada pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Inpres Tombatu Dua. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA bagi Siswa Kelas IV SD Inpres Tombatu Dua. Demonstrai adalah metode mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada anak didik atau cara guru dalam mengajar dengan memperagakan dan mempertunjukan kepada siswa suatu proses, situasi, kejadian, urutan melakukan suatu kegiatan atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik dalam bentuj yang sebenarnya maupun tiruan melalui penggunaan berbagai macam media yang relevan dengan pokok bahasan untuk memudahkan siswa agar kreatif dalam memahami materi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), menurut Kemmis dan Mc. Taggart (dalam Zainal Aqib, 2006:31) dengan empat tahap yaitu: perencanaan, pelasanaan tindakan, pengamatan, serta refleksi yang diterapkan dalam II siklus. Teknik Pengumpulan Data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Teknik Pengamatan (Observasi) dan Tes. Pengumpulan data dengan Teknik Pengamatan menggunakan Instrument Pengamatan. Sedangkan Tes dengan cara memberikan sejumlah Pertanyaan atau Evaluasi. Hasil pada siklus I diperoleh hasil belajar siswa 69% dari jumlah siswa 20 orang hanya 9 orang yang berhasil menerima materi dengan baik dan 11 orang siswa yang tidak berhasil. Dengan demikian setelah memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I maka penelitian pada siklus II memperoleh hasil belajar dengan presentase 81% atau dapat dikatakan berhasil. Dari jumlah 20 siswa yang berada dikelas IV SD Inpres Tombatu Dua hanya 2 orang yang memperoleh nilai dibawah 75 sedangkan 18 orang memperoleh nilai yang bagus yaitu diatas 75. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di kelas IV SD Inpres Tombatu Dua maka dapat di simpulkan bahwa: penerapan model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang benda padat, cair, dan gas di kelas IV SD Inpres Tombatu Dua dengan capaian siklus I sebesar 69% dan siklus II sebesar 81%.