PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS WACANA DESKRIPTIF PESERTA DIDIK KELAS IV SD GMIM 1 TOMOHON
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah peneliti lakukan di SD GMIM I Tomohon khususnya di kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang Wacana Deskriptif sederhana dimana selama proses KBM berlangsung, ada beberapa permasalahan yang ditemukan, karena dalam proses belajar mengajar belum berorientasi pada siswa sebagai subjek belajar melainkan masih berpusat pada guru. Akibatnya siswa sulit dalam belajar, dan hasil belajarnya relative rendah. Hal ini menunjukan kurangnya peran guru dalam menggunakan model dan pendekatan yang inovatif. Sehingga berdasarkan hal – hal yang dimaksud, dari 28 peserta didik hanya 5 orang peserta didik yang mencapai KKM dan 23 orang peserta didik belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan Pendekatan Konstruktivistik peserta didik kelas IV SD GMIM I Tomohon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang dikemukakan oleh Kemmis Dan Mc. Taggart (dalam Arikunto, 2010). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada siklus I hanya 60% sedangkan nilai pada siklus II meningkat menjadi 85%. Kesimpulannya bahwa penggunaan Pendekatan Konstruktivistik di kelas IV SD GMIM I Tomohon dapat meningkat.