PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES LALUMPE
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada materi membaca puisi melalui pengajaran langsung siswa kelas V SD Inpres Lalumpe. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas V yang berjumlah 10 orang. Desain penelitian yang digunakan yakni desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, prosedur dalam setiap siklus yaitu: perencananaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data, melalui: lembar kegiatan siswa, tes formatif siklus I dan II. Model pembelajaran langsung dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pembelaran Bahasa Indonesia apabila, hasil belajar siswa mencapai rata-rata kelas ≥ 70, persentase tuntas belajar klasikal ≥ 75%. Hasil penelitian siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 66 dan. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas yakni menjadi 88. Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Lalumpe, melalui penerapan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.