PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES LALUMPE

Authors

Keywords:

model pembelajaran langsung, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada materi membaca puisi melalui pengajaran langsung siswa kelas V SD Inpres Lalumpe Subjek penelitian ini yakni siswa kelas V yang berjumlah 10 orang Desain penelitian yang digunakan yakni desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus prosedur dalam setiap siklus yaitu: perencananaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi Teknik pengumpulan data melalui: lembar kegiatan siswa tes formatif siklus I dan II Model pembelajaran langsung dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pembelaran Bahasa Indonesia apabila hasil belajar siswa mencapai rata rata kelas 70 persentase tuntas belajar klasikal 75 Hasil penelitian siklus I nilai rata rata kelas mencapai 66 dan Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata rata kelas yakni menjadi 88 Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Lalumpe melalui penerapan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Bahasa Indonesia < p>

References

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

Articles