PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GMIM 3 TOMOHON
Keywords:
Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada tema 
“Pahlawanku†sub tema “sikap kepahlawanan†dengan menerapkan model pembelajaran 
berbasis masalah (PBM) di kelas V SD GMIM 3 Tomohon. Penelitian menggunakan metode 
penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikemukakan Kemmis dan Mc Taggar (Zainal Agib, 
2006: 30-31) dan terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: 
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan 
bahwa presentase, hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 64, 2 % dan pada 
siklus II mengalami peningkatan menjadi 87, 8 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut 
disimpulan bahwa model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dapat meningkatkan hasil 
belajar IPS siswa kelas V SD GMIM 3 Tomohon. Kesimpulan peneliti mengemukakan saran, 
bagi guru diharapkan menjadikan model pembelajaran berbasis masalah sebagai salah satu 
alternative dalam pembelajaran karena dapat membantu guru dalam meningkatkan hasil 
belajar siswa pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar (SD).
						
											
   widdyrorimpandey@unima.ac.id