PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GMIM 3 TOMOHON

Main Article Content

I Wayan Tony Pranata
Mozes M Wullur
Boby A Lompoliuw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada tema
“Pahlawanku” sub tema “sikap kepahlawanan” dengan menerapkan model pembelajaran
berbasis masalah (PBM) di kelas V SD GMIM 3 Tomohon. Penelitian menggunakan metode
penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikemukakan Kemmis dan Mc Taggar (Zainal Agib,
2006: 30-31) dan terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu:
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan
bahwa presentase, hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 64, 2 % dan pada
siklus II mengalami peningkatan menjadi 87, 8 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut
disimpulan bahwa model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dapat meningkatkan hasil
belajar IPS siswa kelas V SD GMIM 3 Tomohon. Kesimpulan peneliti mengemukakan saran,
bagi guru diharapkan menjadikan model pembelajaran berbasis masalah sebagai salah satu
alternative dalam pembelajaran karena dapat membantu guru dalam meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar (SD).

Article Details

Section
Articles