PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PBM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GMIM 3 TOMOHON
Keywords:
Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada tema
Pahlawanku sub tema sikap kepahlawanan dengan menerapkan model pembelajaran
berbasis masalah PBM di kelas V SD GMIM 3 Tomohon Penelitian menggunakan metode
penelitian tindakan kelas PTK yang dikemukakan Kemmis dan Mc Taggar Zainal Agib
2006: 30 31 dan terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu:
perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi Hasil penelitian menunjukan
bahwa presentase hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 64 2 dan pada
siklus II mengalami peningkatan menjadi 87 8 Berdasarkan hasil penelitian tersebut
disimpulan bahwa model pembelajaran berbasis masalah PBM dapat meningkatkan hasil
belajar IPS siswa kelas V SD GMIM 3 Tomohon Kesimpulan peneliti mengemukakan saran
bagi guru diharapkan menjadikan model pembelajaran berbasis masalah sebagai salah satu
alternative dalam pembelajaran karena dapat membantu guru dalam meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar SD < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id