PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI LITERASI SISWA KELAS V SD KATOLIK ST. PAULUS MIKI
Main Article Content
Abstract
Rositalia Fransiska Runturambi, 2023 “Penerapan Model Pembelajaran Direct
Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi
Literasi di Kelas V SD Katolik St. Paulus Miki Tombatu”. Pembimbing I : Dr Hetty J.
Tumurang, M.Pd Pembimbing II: Briane E. J. Komedian, S.Pi, M.Pd. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi
Literasi di kelas V SD Katolik St. Paulus Miki Tombatu dengan jumlah siswa 20 orang, 9
orang siswa perempuan dan 11 orang siswa laki-laki melalui Model Direct Instruction.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(PTK). Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD Katolik St. Paulus Miki Tombatu.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan
lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan perhitungan
presentase ketuntasan hasil belajar yang dicapai oleh siswa secara klasikal. Hasil belajar yang
diperoleh pada siklus I ketuntasan belajar belum tercapai karena secara klasikal hanya
mencapai 68%. Untuk itu proses pembelajaran diperbaiki lagi dan dilakukan pada siklus ke II
dan secara klasikal hasil belajar mencapai 94,25%. Dengan demikian hasil belajar mengalami
peningkatan pada siklus ke II. Dari hasil penelitian ini dapat disampaikan bahwa dengan
menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi Literasi pada kelas V SD Katolik St. Paulus Miki
Tombatu.