PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI LITERASI SISWA KELAS V SD KATOLIK ST. PAULUS MIKI
Keywords:
Model Pembelajaran Direct Instruction, Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Rositalia Fransiska Runturambi, 2023 “Penerapan Model Pembelajaran Direct 
Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi 
Literasi di Kelas V SD Katolik St. Paulus Miki Tombatuâ€Â. Pembimbing I : Dr Hetty J. 
Tumurang, M.Pd Pembimbing II: Briane E. J. Komedian, S.Pi, M.Pd. Tujuan penelitian ini 
adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi 
Literasi di kelas V SD Katolik St. Paulus Miki Tombatu dengan jumlah siswa 20 orang, 9 
orang siswa perempuan dan 11 orang siswa laki-laki melalui Model Direct Instruction. 
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas 
(PTK). Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD Katolik St. Paulus Miki Tombatu. 
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan 
lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan perhitungan 
presentase ketuntasan hasil belajar yang dicapai oleh siswa secara klasikal. Hasil belajar yang 
diperoleh pada siklus I ketuntasan belajar belum tercapai karena secara klasikal hanya 
mencapai 68%. Untuk itu proses pembelajaran diperbaiki lagi dan dilakukan pada siklus ke II 
dan secara klasikal hasil belajar mencapai 94,25%. Dengan demikian hasil belajar mengalami 
peningkatan pada siklus ke II. Dari hasil penelitian ini dapat disampaikan bahwa dengan 
menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa 
pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi Literasi pada kelas V SD Katolik St. Paulus Miki 
Tombatu.
						
											
   widdyrorimpandey@unima.ac.id