PENGUNAAN METODE CREATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD INPRES PERUMNAS ULUINDANO
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan kemampuan siswa agar dapat berpikir kritis sesuai
dengan situasi dunia nyata dan mengajak siswa pada suatu aktivitas yang mengaitkan materi
dengan penerapan aktifitas sehari-hari Strategi pembelajaran kreatif ( creative learning )
merupakan konsep belajar yang membantu guru antara materi yang diajarkan dengan situasi
dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang
dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan
masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa
kelas IV pada mata pelajaran IPS menggunakan metode Creative learning di SD Inpres
Perumnas Uluindano.Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkahlangkah yaitu orientasi, penggalian ide kreatif, penyelidikan, elaborasi dan evaluasi dalam dua
siklus. Analisis data hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, siklus I 30 % dengan rata – rata
62, dan siklus II mencapai 100% dengan rata – rata 85. Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan Creative Learning(orientasi, penggalian ide
kreatif, penyelidikan, elaborasi, evaluasi) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata
pelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Inpres Perumnas Uluindano, sebagai saran guru dapat
menerapkan metode Creative Learning dalam proses belajar mengajar.