PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRETED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD INPRES KAKASKASEN III

Main Article Content

Natalia

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Inpres Kakaskasen III melalui model pembelajaran Cooperative  Integrated Raeding and Composition  (CIRC). Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang di kemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart ( dalam Zainal Aqib, 2006 : 31), yang terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang di laksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres Kakaskasen III. Dari dua siklus yang di laksanakan dalam pembelajaran dengan Penerapan Model Pembelajaran CIRC, bahwa hasil belajar yang dicapai pada siklus I adalah 67% dan pada siklus II adalah 94,76% maka dapat di simpulkan penggunaan Model Pembelajaran CIRC menunjukan peningkatan baik dalam proses belajar maupun hasil belajar siswa. Sehingga disarankan agar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD khususnya di kelas IV sebaiknya guru menggunakan model salah satunya Model Pembelajaran CIRC yang terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Article Details

Section
Articles