MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD GMIM VIII TOMOHON
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan temuan di SD GMIM VIII Tomohon bahwa Sebagian besar guru-guru disana sudah menggunakan media audio-visual dalam pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran tentunya dapat mengembangkan pola pikir guru dan siswa. Di sini guru harus pintar dan kreatif dalam menemukan media pembelajaran untuk membantu pemahaman siswa. Oleh karena itu, dalam penelitian ini saya memfokuskan bagaimana “ Pemanfaatan Media Audio-Visual Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD GMIM VIII Tomohon ”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media audio-visual pada pembelajaran IPA di kelas V SD GMIM VIII Tomohon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kelas V SD GMIM VIII Tomohon dengan jumlah siswa 24 orang, dengan jumlah laki-laki 10 orang dan perempuan 14 orang. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa media Audio-Visual pada pelajaran IPA di kelas V sekolah dasar, yang mengandung suara, teks dan gambar. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan oleh guru kelas V, menghasilkan kategori yang sangat baik. Dengan demikian, media Audio-Visual sangat layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.