PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID -19 DI SD KATOLIK ST. ANTONIUS KALI
Keywords:
Pembelajaran daring, peran guru, minat belajar, pandemi Covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring), peran guru dalam pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 dan cara meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SD Katolik St. Antonius Kali Kota Manado pada bulan Agustus sampai September 2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar di SD Katolik St. Antonius Kali. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket terbuka, wawancara semi terstruktur, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini diera pandemi covid-19 berpengaruh terhadap proses pembelajaran, pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara langsung kini dialihkan menjadi pembelajaran daring. Peran seorang guru dalam melakasanakan pembelajaran daring yaitu peran guru sebagai motivator, mediator dan evalauator. Ada beberapa kendala dalam proses pembelajaran daring yaitu kurangnya biaya (kouta) internet, jaringan internet yang tidak lancar, tidak semua siswa mempunyai handphone dan masih banyak orang tua yang sibuk bekerja. Peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran daring adalah dengan memberikan metode pembelajaran yang tepat seperti memberikan video-video animasi pembelajaran dan video pembelajaran yang dibuat sedemikian mungkin di dengan menggunakan power point yang menarik mungkin dan kreatif sehingga ada ketertarikan siswa dalam belajar.