PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS V SD GMIM LELEMA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas V SD GMIM Lelema. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen semu (Quasi Experiment) Non Equivalent Control Group Desain. Analisis data menggunakan analisis confensional untuk menguji perbedaan antara 2 kelompok eksperiment dan kelompok kontrol menggunakan uji hipotesis yaitu uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh perebedaan sangat signifikan yaitu uji statistik dengan menggunakan uji-t ternyata nilai thitung lebih besar dari ttabel atau thitung = 4,021 > ttabel = 2,120 pada α = 0,05 dk = n – 2. Dengan demikian menerima hipotesis alternatif (Ha) dan menolak hipotesis normal (H0) artinya terdapat pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD GMIM Lelema. Maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Contextual Teaching and Learning mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.