PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS V SD GMIM LELEMA

Authors

Keywords:

Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas V SD GMIM Lelema Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen semu Quasi Experiment Non Equivalent Control Group Desain Analisis data menggunakan analisis confensional untuk menguji perbedaan antara 2 kelompok eksperiment dan kelompok kontrol menggunakan uji hipotesis yaitu uji t Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh perebedaan sangat signifikan yaitu uji statistik dengan menggunakan uji t ternyata nilai thitung lebih besar dari ttabel atau thitung = 4 021 gt; ttabel = 2 120 pada = 0 05 dk = n 2 Dengan demikian menerima hipotesis alternatif Ha dan menolak hipotesis normal H0 artinya terdapat pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning CTL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial IPS Kelas V SD GMIM Lelema Maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Contextual Teaching and Learning mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial < p>

References

Downloads

Published

2021-03-01

Issue

Section

Articles