PERAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SD GMIM TOMPASO BARU
Keywords:
Peran guru, model pembelajaran berbasis masalah, kegiatan belajar mengajarAbstract
Peran seorang guru adalah menguasai dan mengembangkan materi pelajaran, merencanakan dan mempersiapkan materi pelajaran, mengontrol dan mengevaluasi kegiatan peserta didik. Peran guru juga sangatlah penting dalam menentukan model pembelajaran yang cocok digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran yang sudah digunakan guru di SD GMIM Tompaso Baru adalah Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Dalam menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah masih ada beberapa kendala yang guru temui dalam Kegiatan belajar mengajar di SD GMIM Tompaso Baru. Maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian disekolah tersebut, dengan peran guru dalam menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Kegiatan Belajar mengajar di SD GMIM Tompaso Baru. Penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran tentang peranan guru dalam menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Metode penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Dimana peneliti melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi kepada Guru di SD GMIM Tompaso Baru. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru-guru di SD GMIM Tompaso Baru sudah sepenuhnya menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah, ttapi masih ada kendala yang ditemui guru. Maka dari itu tentunya sebelum memulaikan kegiatan belajar mengajar guru harus mempersiapkan secara matang sehingga pembelajaran dapat tercapai dengan baik.