KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENGELOLA GURU DI SD GMIM VII TOMOHON
Keywords:
kemampuan manajerial, kepala sekolah, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan manajerial kepala sekolah dalam mengelola guru di SD GMIM VII Tomohon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru kelas VI dan guru kelas II. Tempat penelitian di SD GMIM VII Tomohon. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan wawancara observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data dianalisis dengan menggunakan tahapan pengumpulan data , reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan kepala sekolah sebagai edukator, memberikan nasehat kepada warga sekolah, memberikan dorongan kepada tenagaa kependidikan serta melaksanakan model pembelajaran yang menarik. Sebagai manajer kepala sekolah mampu menghadapi berbagai persoalan di sekolah, berpikir secara analitik, konseptual, senantiasa berusaha menjadi juru penengah dalam memecahkan berbagai masalah. Kepala sekolah sebagai administrator, memiliki hubungan erat dengan berbagai aktivitas pengelolaan administrasi yang bersifat pencatatan, penyusunan, dan pendokumen seluruh program sekolah. Sebagai supervisor, kepala sekolah mensupervisi pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga kependidikan. Sebagai pemimpin harus mampu memberikan petunjuk dan pengawasan meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan.