STUDI EKSPLORASI KEMAMPUAN MEMBACA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI KECIL PONTO
Keywords:
Kemampuan membaca, siswa kelas IIIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca siswa kelas III SD Negeri Kecil Ponto. Aspek yang diteliti meliputi ketepatan penggunaan ucapan, kesalahan penggantian, ketepatan penggunaan frase, kewajaran penggunaan intonasi suara, kesalahan penghilangan, penguasaan tanda- tanda baca sederhana, penggunaan ekspresi, kesalahan penambahan, kelancaran membaca, pemahaman terhadap bacaan, dan kesalahan pembalikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode evaluasi kualitatif. Penelitian dilakukan di SD Negeri Kecil Ponto dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas III. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive, yaitu penentuan subjek penelitian dengan pertimbangan tertentu. Pertimbangan yang digunakan antara lain subjek mengerti dan memahami objek yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus IRI (Informal Reading Inventory). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa kelas III SD Negeri Kecil Ponto tergolong ke dalam tiga kategori, 4 siswa pada kategori independen, 4 siswa pada kategori instruksional, dan 1 siswa pada kategori frustasi. Kesalahan yang dilakukan siswa pada tingkat independen berjumlah 28 kata yaitu berupa kesalahan penggantian sebanyak 15 kata, kesalahan penghilangan sebanyak 6 kata, dan kesalahan penambahan sebanyak 7 kata. Kesalahan yang dilakukan siswa pada tingkat instruksional berjumlah 60 kata yaitu berupa kesalahan penggantian sebanyak 22 kata, kesalahan penghilangan sebanyak 25 kata, kesalahan penambahan sebanyak 13 kata, dan kesalahan pembalikan sebanyak 1 kata. Kesalahan yang dilakukan siswa pada tingkat frustasi berjumlah 28 kata yaitu berupa kesalahan pengantian sebanyak 16 kata, kesalahan penghilangan sebanyak 9 kata dan kesalahan penambahan sebanyak 3 kata.