PENGARUH MEDIA KARTU BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SD DI KECAMATAN TOMOHON TIMUR
Keywords:
Media Kartu Bilangan Bulat, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu bilangan bulat terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD di Kecamatan Tomohon Timur pada mata pelajaran matematika. Sampel penelitian diambil dari subjek penelitian yang terdiri dari 30 siswa kelas IV (kelas eksperimen) dengan menggunakan media pembelajaran kartu bilangan bulat dan 30 siswa kelas IV (kelas kontrol) tidak menggunakan media pembelajaran kartu bilangan bulat. Analisis data kedua kelompok menggunakan uji t dan diperoleh hasil T hitung (3.36) dan T table (2.00) pada taraf signifikan 5% maka diperoleh hasil T hitung > T table . Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media kartu bilangan bulat terhadap hasil belajar siswa tentang materi oprasi hitung penjumlahan bilangan bulat.