Peningkatan Produktifitas Pendidikan SMK Melalui Pembelajaran Kolaboratif
Keywords:
Team Work, Transparent, Trust, IntegrityAbstract
ABSTRAK
Penulisan artikel ini didasari pada pengamatan penulis akan kondisi SMK yang harusnya bisa lebih unggul dengan kwalitas lulusan yg lebih merata untuk menjawab kebutuhan industri dan kewirausahaan melalui penemuan solusi yang lebih produktif, pada system pembelajaran SMK dengan mengeratkan kerja sama/Kolaborasi yang saling menguntungkan antara sekolah SMK sebagai penggerak Pendidikan, peran lintas Lembaga di pemerintah daerah , Perguruan tinggi dan dunia kerja/dunia industri dimana rumusan masalah mengemuka pada 9 pertanyaan yang digali melalui metode survey dengan wawancara mendalam dan diperkaya dengan pengamatan penulis selama beberpa tahun terakhir sebagai praktisi industri di SMK.
ABSTRACT
The writing of this article is based on the author's observations of the condition of vocational high schools (SMK), which should ideally excel with more evenly distributed graduate quality to meet the needs of industry and entrepreneurship. This is achieved by discovering more productive solutions within the SMK learning system through strengthening mutually beneficial collaboration between SMK schools as education drivers, the roles of cross-agency entities in local government, higher education institutions, and the industrial sector. The core issues are addressed through nine questions explored using a survey method, and in-depth interviews, and enriched by the author's observations over recent years as an industry practitioner in the SMK environment.
References
Agustin, C. E. V., Pratiwi, N. M. I., & Mulyati, A. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kepercayaan Diri Dan Kreativitas Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Untag Surabaya. SOSIALITA, 2(2), 482-493.
Akmal, F. (2021). Implementasi Program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Upaya Peningkatan dan Percepatan Pemulihan Ekonomi DKI Jakarta di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Fakultas Ilmu Administrasi. Jurusan Administrasi Publik. Universitas Brawijaya. Malang.
Fauzi, A. E. (2023). Efektivitas Pengelolaan Lembaga Pendidikan Dasar Di SDN 1 Kurungrejo Dan Mi Al Azhar Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
Indrayati, I., & Lestari, F. (2021). Kajian Pengembangan Kelembagaan & Pembiayaan Geopark Di Indonesia.
Rojaki, M., Fitria, H., & Martha, A. (2021). Manajemen kerja sama sekolah menengah kejuruan dengan dunia usaha dan dunia industri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6337-6349.
Sinaga, A. V. (2023). Peranan teknologi dalam pembelajaran untuk membentuk karakter dan skill peserta didik abad 21. Journal on Education, 6(1), 2836-2846.
Togatorop, J. (2024). Pemahaman Remaja Batak Tenting Kearifan Lokal Dalihan Na Tolu dalam Pembentukan Karakter Menuju Generasi Emas di HKBP Ujung Menteng: Suatu Tinjauan dari Pendidikan Agama Kristen (Doctoral dissertation, Universitas Kristen Indonesia).
Wijayanti, P. S., Prosa Pendidikan Matematika, U. P. Y., Herawati, T. R., & UPY, S. I. F. (2022). Penguatan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.