Peningkatan Produktifitas Pendidikan SMK Melalui Pembelajaran Kolaboratif

Authors

  • Denny Lalenoh Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado
  • Parabelem Tinno Dolf Rompas Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado
  • Rolly Oroh Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v4i6.10907

Keywords:

Team Work, Transparent, Trust, Integrity

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

Penulisan artikel ini didasari pada pengamatan penulis akan kondisi SMK yang harusnya bisa lebih unggul dengan kwalitas lulusan yg lebih merata untuk menjawab kebutuhan industri dan kewirausahaan melalui penemuan solusi yang lebih produktif pada system pembelajaran SMK dengan mengeratkan kerja sama Kolaborasi yang saling menguntungkan antara sekolah SMK sebagai penggerak Pendidikan peran lintas Lembaga di pemerintah daerah Perguruan tinggi dan dunia kerja dunia industri dimana rumusan masalah mengemuka pada 9 pertanyaan yang digali melalui metode survey dengan wawancara mendalam dan diperkaya dengan pengamatan penulis selama beberpa tahun terakhir sebagai praktisi industri di SMK < em>< p>

ABSTRACT< em>< strong>< p>

nbsp;< em>< p>

The writing of this article is based on the author s observations of the condition of vocational high schools SMK which should ideally excel with more evenly distributed graduate quality to meet the needs of industry and entrepreneurship This is achieved by discovering more productive solutions within the SMK learning system through strengthening mutually beneficial collaboration between SMK schools as education drivers the roles of cross agency entities in local government higher education institutions and the industrial sector The core issues are addressed through nine questions explored using a survey method and in depth interviews and enriched by the author s observations over recent years as an industry practitioner in the SMK environment < em>< p>

References

Agustin C E V Pratiwi N M I Mulyati A 2023 Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Kepercayaan Diri Dan Kreativitas Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Untag Surabaya SOSIALITA 2 2 482 493

Akmal F 2021 Implementasi Program Kolaborasi Sosial Berskala Besar KSBB Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM dalam Upaya Peningkatan dan Percepatan Pemulihan Ekonomi DKI Jakarta di Masa Pandemi Covid 19 Skripsi Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Publik Universitas Brawijaya Malang

Fauzi A E 2023 Efektivitas Pengelolaan Lembaga Pendidikan Dasar Di SDN 1 Kurungrejo Dan Mi Al Azhar Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Doctoral dissertation Institut PTIQ Jakarta

Indrayati I Lestari F 2021 Kajian Pengembangan Kelembagaan Pembiayaan Geopark Di Indonesia

Rojaki M Fitria H Martha A 2021 Manajemen kerja sama sekolah menengah kejuruan dengan dunia usaha dan dunia industri Jurnal Pendidikan Tambusai 5 3 6337 6349

Sinaga A V 2023 Peranan teknologi dalam pembelajaran untuk membentuk karakter dan skill peserta didik abad 21 Journal on Education 6 1 2836 2846

Togatorop J 2024 Pemahaman Remaja Batak Tenting Kearifan Lokal Dalihan Na Tolu dalam Pembentukan Karakter Menuju Generasi Emas di HKBP Ujung Menteng: Suatu Tinjauan dari Pendidikan Agama Kristen Doctoral dissertation Universitas Kristen Indonesia

Wijayanti P S Prosa Pendidikan Matematika U P Y Herawati T R UPY S I F 2022 Penguatan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Peningkatan Produktifitas Pendidikan SMK Melalui Pembelajaran Kolaboratif. (2024). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(6), 584 593. https://doi.org/10.53682/edutik.v4i6.10907