Pengaruh Media Pembelajaran Canva Terintegrasi Google Workspace for Educations Terhadap Motivasi dan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa SMKN 1 Modayag Barat

Authors

  • Eva Sumarni Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado
  • Metsi Daud Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado
  • Hiskia Kamang Manggopa Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado

Keywords:

Media Pembelajaran, Canva Terintegrasi, Motivasi dan Kreativitas Belajar Siswa

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran Canva for Education terhadap motivasi dan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya siswa SMKN 1 Modayag Barat. Media pembelajaran Canva terintegrasi Google Workspace for Education merupakan sebuah platform daring untuk mendesain grafis dalam merancang berbagai desain kreatif dengan memudahkan penggunanya seperti mendesain poster, info grafis, video, hingga presentasi.

ABSTRACT

This research employs a quantitative approach with a descriptive method. The objective of this study is to examine the impact of utilizing Canva for Education as a learning medium on students' motivation and creativity in the Arts and Culture subject at SMKN 1 Modayag Barat. Canva for Education, integrated with Google Workspace for Education, is an online graphic design platform that facilitates users in creating various creative designs, including posters, infographics, videos, and presentations.

References

Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Ali, M. (2014). Guru dalam proses belajar mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Audie, N. (2019). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 589.

Creswell, J. W. (2019). Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran (A. Fawaid & R. K. Pancasari, Trans.). Pustaka Belajar.

Hamid, H. (2013). Pengembangan sistem pendidikan di Indonesia. Pustaka Setia.

Hamzah, B. U. (2017). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Kurniawan, T., & Sriyanto, S. (2022). Canva mind mapping: Alternative pembelajaran inovatif abad 21. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 85–92.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra. PTK, R&D. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Statistik untuk penelitian. Alfabeta.

Sukardi. (2008). Metodologi penelitian pendidikan. Bumi Aksara.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronik. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika, 7(2), 85–92.

Wibisono, S., Gusniarti, U., & Nurtjahjo, F. E. (2017). Pembelajaran kooperatif sebagai upaya meningkatkan motivasi, empati, dan perilaku bekerjasama. Jurnal SCHEMA, 3(1), 15–25.

Yusuf, A. (2021). Metode penelitian pendekatan kuantitatif. CV Media Sains Indonesia.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Sumarni, E., Daud, M., & Manggopa, H. K. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Canva Terintegrasi Google Workspace for Educations Terhadap Motivasi dan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa SMKN 1 Modayag Barat. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(6), 2347-2352. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/10909