Pengaruh Media Pembelajaran Canva Terintegrasi Google Workspace for Educations Terhadap Motivasi dan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa SMKN 1 Modayag Barat
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v4i6.10909Keywords:
Media Pembelajaran, Canva Terintegrasi, Motivasi dan Kreativitas Belajar SiswaAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran Canva for Education terhadap motivasi dan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya siswa SMKN 1 Modayag Barat Media pembelajaran Canva terintegrasi Google Workspace for Education merupakan sebuah platform daring untuk mendesain grafis dalam merancang berbagai desain kreatif dengan memudahkan penggunanya seperti mendesain poster info grafis video hingga presentasi < em>< p>
ABSTRACT< em>< strong>< p>
This research employs a quantitative approach with a descriptive method The objective of this study is to examine the impact of utilizing Canva for Education as a learning medium on students motivation and creativity in the Arts and Culture subject at SMKN 1 Modayag Barat Canva for Education integrated with Google Workspace for Education is an online graphic design platform that facilitates users in creating various creative designs including posters infographics videos and presentations < em>< p>
References
Abi Hamid M Ramadhani R Masrul M Juliana J Safitri M Munsarif M Jamaludin J Simarmata J 2020 Media pembelajaran Yayasan Kita Menulis
Ali M 2014 Guru dalam proses belajar mengajar Sinar Baru Algensindo
Audie N 2019 Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 589
Creswell J W 2019 Pendekatan metode kualitatif kuantitatif dan campuran A Fawaid R K Pancasari Trans Pustaka Belajar
Hamid H 2013 Pengembangan sistem pendidikan di Indonesia Pustaka Setia
Hamzah B U 2017 Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan Bumi Aksara
Kurniawan T Sriyanto S 2022 Canva mind mapping: Alternative pembelajaran inovatif abad 21 Proceedings Series on Social Sciences Humanities 3 85 92
Pelangi G 2020 Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra PTK R D Bumi Aksara
Sugiyono 2010 Metode penelitian pendidikan Alfabeta
Sugiyono 2019 Statistik untuk penelitian Alfabeta
Sukardi 2008 Metodologi penelitian pendidikan Bumi Aksara
Tanjung R E Faiza D 2019 Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronik Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika 7 2 85 92
Wibisono S Gusniarti U Nurtjahjo F E 2017 Pembelajaran kooperatif sebagai upaya meningkatkan motivasi empati dan perilaku bekerjasama Jurnal SCHEMA 3 1 15 25
Yusuf A 2021 Metode penelitian pendekatan kuantitatif CV Media Sains Indonesia
