Game Edukasi pembelajaran Lagu Nasional dan Daerah

Authors

  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Charnila Desria Heydemans Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Emelia Rut Lampus Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v4i1.11174

Keywords:

Game Edukasi, Lagu Nasional dan Daerah, MDLC

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini dapat membangun game edukasi pembelajaran lagu nasional dan daerah yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam menyampaikan informasi tentang lagu nasional dan daerah. Metode pengembangan pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Live Cycle (MDLC). pembuatan aplikasi yang sesuai dengan konsep maka peneliti memperoleh hasil dari penelitian aplikasi game edukasi pembelajaran lagu nasional dan daerah, maka diperoleh hasil pada tahap ini sebagai evaluasi apakah aplikasi ini telah siap digunakan untuk mengedukasi anak-anak dalam game edukasi pembelajaran lagu nasional dan daerah sebagai media pembelajaran yang baru.

ABSTRACT

The purpose of this study is to build an educational game for learning national and regional songs that can be used as a tool in conveying information about national and regional songs. The development method in this study uses the Multimedia Development Live Cycle (MDLC) development method. making an application that is in accordance with the concept, the researcher obtains the results of the research on educational game applications for learning national and regional songs, then the results obtained at this stage as an evaluation of whether this application is ready to be used to educate children in educational games for learning national and regional songs as a new learning medium.

References

Ahmadian, H., & Safwanda, S. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Lagu Daerah di Indonesia Berbasis Android. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(2).

Dayley, D. (2012). Photoshop CS6 BIBKE. Indianapolis: Jhon Wiley & Sons,inc.

Edward, S. L. (2009). Learning Process and Violent Video Games. Hand Book of. Florida: University of Florida.

Gontah, R. A. (2021). Pengembangan Game Edukasi Matematika Berbasis Mobile. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1(1), 39-54.

Grover, C. (2012). Flash CS6 The Missing Manual. Sebastopol, Canada: O'Reilly Media,inc.

Hurd, Daniel, Jenuings, & Erin. (2009). Standarized Educational Games Ratings. London : Longman: Suggested Criteria.

Jogiyanto, H. M. (1999). Analisis & Desin Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Khoiri, I., & Gautama, C. (2012). Panduan Lagu Daerah Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).

Luther, A. C. (1994). Authoring Interactive Multimedia. Boston: AP.

Pivec, M. (Ed.). (2004). Guidelines for game-based learning. Pabst Science Publishers.

Pramudita, M. (2016). Pembelajaran Lagu Daerah dalam Menanamkan apresiasi siswa kelas V Di SD 3 Belimbing Kidul Kabupaten Kudus. Semarang: UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Randel. (1991). Manfaat Pemakana Game. Yogyakarta: C. V ANDI OFFSET.

Subagyo, A. (2010). Marketing In Business. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Virvou, M., Katsionis, G., & Manos, K. (2005). Combining software games with education: Evaluation of its educational effectiveness. Journal of Educational Technology & Society, 8(2), 54-65.

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Mewengkang, A., Heydemans, C. D., & Lampus, E. R. (2024). Game Edukasi pembelajaran Lagu Nasional dan Daerah. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(5), 560-571. https://doi.org/10.53682/edutik.v4i1.11174