Pengembangan Video Pembelajaran Animasi 2 Dimensi untuk Kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v4i1.11177Keywords:
Video, Media Pembelajaran, Animasi 2 Dimensi, SMKAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengembangkan video pembelajaran untuk memfasilitasi kegiatan belajar mengajar siswa siswi jurusan multimedia SMK Negeri 1 Tondano khususnya kelas XI kemudian untuk mengukur kelayakan penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan Penelitian ini menerapkan metode Research amp; Development dengan menggunakan prosedur pengembangan Multimedia Development Life Cycle MDLC Enam tahapan dalam MDLC antara lain concept design material collecting assembly testing distribution Setelah lolos uji validitas dari ahli materi serta ahli media dilanjutkan untuk tahap pengujian Proses pengujian melibatkan siswa siswi kelas 11 jurusan multimedia yaitu berjumlah 30 orang pengujian dilakukan di SMK Negeri 1 Tondano Pendekatan analisis menggunakan metode kualitatif serta metode kuantitatif dalam menilai seberapa layak media pembelajaran yang dihasilkan Penelitian menunjukkan hasil yaitu a menciptakan video pembelajaran yang akan digunakan oleh siswa kelas 11 jurusan multimedia SMK Negeri 1 Tondano untuk mata pelajaran animasi 2D b tingkat kelayakan dari video pembelajaran berdasarkan ahli media yaitu 93 98 atau sangat layak ahli materi 97 1 atau sangat layak serta hasil uji coba pada siswa memenuhi syarat sangat layak menjadi alat bantu guru pada pembelajaran siswa kelas 11 jurusan multimedia SMK Negeri 1 Tondano < em>< p>
nbsp;< em>ABSTRACT< em>< strong>< p>
nbsp;< em>The purpose of this study is to develop learning videos to facilitate teaching and learning activities for multimedia students at SMK Negeri 1 Tondano especially class XI then to measure the feasibility of using the developed learning media This study applies the Research amp; Development method using the Multimedia Development Life Cycle MDLC development procedure The six stages in MDLC include concept design material collecting assembly testing distribution After passing the validity test from material experts and media experts it continues to the testing stage The testing process involved 30 students in class 11 majoring in multimedia the testing was carried out at SMK Negeri 1 Tondano The analysis approach uses qualitative methods and quantitative methods in assessing how feasible the resulting learning media is The research shows the results namely a creating learning videos that will be used by 11th grade students majoring in multimedia at SMK Negeri 1 Tondano for 2D animation subjects b the level of eligibility of learning videos based on media experts is 93 98 or very feasible material experts 97 1 or very feasible and the results of trials on students meet the requirements of being very feasible as a teacher aid in learning for 11th grade students majoring in multimedia at SMK Negeri 1 Tondano < em>< p>
References
Ahmadian H Safwanda S 2017 Rancang Bangun Aplikasi Lagu Daerah di Indonesia Berbasis Android CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro 1 2
Binanto I 2010 Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya Yogyakarta: Andi Offset
Edward S L 2009 Learning Process and Violent Video Games Hand Book of Florida: University of Florida
Gontah R A 2021 Pengembangan Game Edukasi Matematika Berbasis Mobile Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 39 54
Grover C 2012 Flash CS6 The Missing Manual Sebastopol Canada: O Reilly Media inc
Hurd Daniel Jenuings Erin 2009 Standarized Educational Games Ratings London : Longman: Suggested Criteria Media inc
Munib A d 2011 Pengantar Ilmu Pendidikan Semarang: UNNES Press
Pramudita M 2016 Pembelajaran Lagu Daerah dalam Menanamkan apresiasi siswa kelas V Di SD 3 Belimbing Kidul Kabupaten Kudus Semarang: UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Sugiyono 2015 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: ALFABETA
Tanus R J 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Tutorial Pada Mata Kuliah Animasi 3 Dimensi EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasidan Komunikasi Volume 2 Nomor 3
Virvou M Katsionis G Manos K 2005 Combining software games with education: Evaluation of its educational effectiveness Journal of Educational Technology Society 8 2 54 65
