Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Bahasa Sangihe untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Mobile
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v4i1.11178Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Mobile, MDLCAbstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merangcamg dan membangun aplikasi pembelajaran berbasis mobile yang kreatif, efektif dan mendukung dalam proses penyampaian pesan kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Penulis membuat aplikasi media pembelajaran ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang memiliki 6 tahapan. Perancangan aplikasi ini menggunakan Adobe Flsh CS6, Adobe Photoshop untuk mengolah gambar, Adobe Audition CS6 untuk mengolah audio, dan Audio Recorder. Hasil dari penelitian meunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran pengenalan bahasa sangihe untuk anak sekolah dasar berbasis mobile dapat membantu guru dan orang tua dalam proses penyajian dan dapat menjadi sarana belajar bagi siswa.
ABSTRACT
The purpose of this study is to design and build a creative, effective and supportive mobile-based learning application in the process of delivering messages to students in the learning process. The author created this learning media application using the MDLC (Multimedia Development Life Cycle) method which has 6 stages. The design of this application uses Adobe Flash CS6, Adobe Photoshop for image processing, Adobe Audition CS6 for audio processing, and Audio Recorder. The results of the study indicate that the development of mobile-based Sangihe language introduction learning media for elementary school children can help teachers and parents in the presentation process and can be a learning tool for students.
References
Ally, M. (2009). Mobile Learning: Transforming the Delivery of Education and Training. Canada: Athabasca University Press.
Asyar, R. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. 2011. Jakarta: Penerbit Gaung Persada (GP).
Binanto, I. (2010). Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.Darmawan, D. (2012). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Daryanto, (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: GAVA MEDIA
Dewi, D. K. M. S., Sudhita, I. W. R., & Tastra, I. D. K. (2014). Pengembangan Media Pembelalaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Edutech Undiksha, 2(1).
Irawan, A., Laurin, M. S., & Suherman, S. (2015). Perancangan animasi pembelajaran perawatan mesin kendaraan. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 2(1).
Jinglong, dkk. (2012). Mobile Learning Research-based Intellegent Mobile Phone
Kindangen, J., Wonggo, D., & Kumajas, S. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA KOMPETENSI KEJURUAN MULTIMEDIA DI SMK ANUGRAH TONDANO. Engineering Education Journal-E2J, 6(3).
Sadiman, A.dkk. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tadkiroatun, (2012). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Yuniati, N., Purnama, B. E., & Nugroho, G. K. (2017). Pembuatan media pembelajaran interaktif ilmu pengetahuan alam pada Sekolah Dasar Negeri Kroyo 1 Sragen. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 3(4).