Pengembangan Video Tutorial Mata Pelajaran Desain Grafis Siswa Kelas X di SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v4i1.11179Keywords:
Research and Development, MDLC, Video TutorialAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
nbsp;< em>< strong>Media menawarkan sesuatu yang baru namun tidak semua pendidik mengetahui cara mengimplementasikannya sehingga terkadang literasi media justru menghambat proses pembelajaran daripada membantu siswa dalam proses pembelajaran Penggunaan media massa seharusnya sangat membantu kegiatan pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan video tutorial mata pelajaran perlakuan grafis untuk siswa kelas 10 SMK Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah MDLC MDLC Multimedia Development Life Cycle Luther 1994 dimana metode ini memiliki enam tingkatan yaitu Concept konsep Design desain Material Collection pengumpulan material Group Pembuatan ; Pengujian trial dan distribusi distribusi Penelitian ini menggunakan metode research and development dan menggunakan model MDLC Multimedia Development Life Cycle Langkah langkah dalam pengembangan siklus hidup multimedia adalah: Konsep Conception Perancangan Design Perakitan Manufacture Pengujian Testing dan Distribusi Distribution Pada tahap Distribution dapat dilihat apakah media dibuat atau tidak bukan Dapat disimpulkan bahwa pengembangan video tutorial untuk tema grafis dapat dijelaskan pada platform dengan menggunakan MDLC < em>< p>
nbsp;< em>ABSTRACT< em>< strong>< p>
nbsp;< em>Media offers something new but not all educators know how to implement it so that sometimes media literacy hinders the learning process rather than helping students in the learning process The use of mass media should be very helpful in learning activities This study aims to determine the development of video tutorials on graphic treatment subjects for grade 10 vocational high school students The research method used in this study is MDLC MDLC Multimedia Development Life Cycle Luther 1994 where this method has six levels namely Concept Design Material Collection Group Making ; Testing trial and distribution distribution This study uses the research and development method and uses the MDLC Multimedia Development Life Cycle model The steps in the development of the multimedia life cycle are: Concept Design Manufacture Testing and Distribution At the Distribution stage it can be seen whether the media is made or not not It can be concluded that the development of video tutorials for graphic themes can be explained on the platform using MDLC < em>< p>
References
Aqib Z 2002 Profesionalisme guru dalam pembelajaran Surabaya: Insan Cendekia
Arsyad A 2005 Media Pembelajaran Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Hanafi A N Septiwi E Rahman N A Citra Y Maharani S Depra L 2022 Pemanfaatan Barang Bekas dalam Pembuatan Media Pembelajaran YASIN 2 6 798 806
Hanum N S 2013 Keefetifan e learning sebagai media pembelajaran studi evaluasi model pembelajaran e learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto Jurnal pendidikan vokasi 3 1 90 102
Latuheru J D 1988 Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar masa kini Jakarta: Depdikbud
Luwunaung L N Sumual H Palilingan V R 2022 Model Pembelajaran Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa SMK EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 152 158
Mulyasa E 2008 Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan: kemandirian guru dan kepala sekolah Bumi Aksara
Musfiqon H M 2012 Pengembangan media dan sumber pembelajaran Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya
Naz A A Akbar R A 2008 Use of media for effective instruction its importance: some consideration Journal of elementary education 18 1 2 35 40
Nurmadiah N 2016 Media pendidikan Al Afkar: Manajemen Pendidikan Islam 5 1
Riyana C 2007 Pedoman pengembangan media video Jakarta: P3ai Upi 2654 2552
Rosyada D 2020 Penelitian kualitatif untuk ilmu pendidikan Prenada Media
Sadiman A S 1996 Media pembelajaran Jakarta: rajawali pers
Suciati W 2016 Kiat sukses melalui kecerdasan emosional dan kemandirian belajar Rasibook
Tutupary V D 2016 Kebebasan kehendak free will David Ray Griffin dalam perspektif filsafat agama Jurnal Filsafat 26 1 136 161
