Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Animasi 2D dan 3D Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sonder
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v4i1.11181Keywords:
Pendidikan, multimedia interaktif, Multimedia Development Life Cycle, Animasi 2D & 3D, SMKAbstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan faktor penting dalam membangun sumber daya manusia berkualitas. Namun, tantangan seperti kurangnya sarana, mutu pendidikan rendah, dan metode pengajaran monoton masih menjadi hambatan. Teknologi menjadi solusi potensial, terutama melalui pengembangan multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis pada mata pelajaran Animasi 2D & 3D di kelas XI SMK Negeri 1 Sonder.Metode pengembangan menggunakan model MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang meliputi tahap konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Aplikasi dirancang dalam format .exe, dilengkapi fitur seperti Evaluasi, Tujuan Pembelajaran, Materi Belajar, dan Profil Pembuat. Elemen interaktif seperti permainan, karakter, jebakan, dan skor ditambahkan untuk meningkatkan motivasi belajar. Hasil pengujian menunjukkan aplikasi ini memiliki tingkat kelayakan tinggi: 88,7% dari ahli media, 92,5% dari validator materi, dan 72,84% dari siswa. Aplikasi ini memudahkan siswa memahami materi Animasi 2D & 3D, meningkatkan motivasi belajar, dan menciptakan suasana pembelajaran yang menarik.
ABSTRACT
Education is an important factor in building quality human resources. However, challenges such as lack of facilities, low quality of education, and monotonous teaching methods remain obstacles. Technology offers a potential solution, particularly through the development of interactive multimedia. This research aims to develop and test the feasibility of interactive learning multimedia based on the 2D & 3D Animation subject for grade XI students at SMK Negeri 1 Sonder. The development method uses the MDLC (Multimedia Development Life Cycle) model, which includes the stages of concept, design, material collection, creation, testing, and distribution. The application is designed in .exe format, equipped with features such as Evaluation, Learning Objectives, Learning Materials, and Creator Profiles. Interactive elements such as games, characters, traps, and scores are added to enhance learning motivation. Testing results show that the application has a high level of feasibility: 88.7% from media experts, 92.5% from material validators, and 72.84% from students. The application helps students understand 2D & 3D Animation material, increases learning motivation, and creates an engaging learning atmosphere.
References
Angelika, M., Saputri, S. A., & Lestari, R. (2023). STUDI LITERATUR ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAME BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPA DI SD. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(4), 257-265.
Baharun, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran pai berbasis lingkungan melalui model assure. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 14(2), 231-246.
Hanik, E. U., Puspitasari, D., Safitri, E., Firdaus, H. R., Pratiwi, M., & Inayah, R. N. (2022). Integrasi Pendekatan tpack (technological, pedagogical, content knowledge) guru sekolah dasar sikl dalam melaksanakan pembelajaran era digital. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(1), 15-27.
Hingide, M. N., Mewengkang, A., & Munaiseche, C. P. C. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif platform android pada mata pelajaran ppkn smk. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 557-566.
Khiyarusoleh, U. (2016). Konsep Dasar Perkembangan Kognitif Pada Anak Menurut Jean Piaget: Array. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1).
Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan teori belajar dengan teknologi pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1475-1486.
Muhammed, A. (2016). The Effects of Signaling Principle in a Song-Based Courseware on Students' Listening Skill and Motivation (Doctoral dissertation, Universiti Sains Malaysia).
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di masa pandemi covid-19. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285-312.
Supari, K. P., Kenap, A. A., & Mewengkang, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(6), 700-708.
Suryanti, A., Putra, I. N. A. S., & Nurrahman, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Energi Alternatif Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 147-156.
Wahyu, R. (2013). LKP: Pembuatan Iklan Coffee Corner dan Promotion Tool Pada Media Elektronik (Doctoral dissertation, STIKOM Surabaya).