Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Animasi 2D dan 3D Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sonder

Authors

  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Wensi Ronald Lesli Paat Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Andika Marlando Langkay Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v4i1.11181

Keywords:

Pendidikan, multimedia interaktif, Multimedia Development Life Cycle, Animasi 2D & 3D, SMK

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

Pendidikan merupakan faktor penting dalam membangun sumber daya manusia berkualitas Namun tantangan seperti kurangnya sarana mutu pendidikan rendah dan metode pengajaran monoton masih menjadi hambatan Teknologi menjadi solusi potensial terutama melalui pengembangan multimedia interaktif Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis pada mata pelajaran Animasi 2D amp; 3D di kelas XI SMK Negeri 1 Sonder Metode pengembangan menggunakan model MDLC Multimedia Development Life Cycle yang meliputi tahap konsep desain pengumpulan bahan pembuatan pengujian dan distribusi Aplikasi dirancang dalam format exe dilengkapi fitur seperti Evaluasi Tujuan Pembelajaran Materi Belajar dan Profil Pembuat Elemen interaktif seperti permainan karakter jebakan dan skor ditambahkan untuk meningkatkan motivasi belajar Hasil pengujian menunjukkan aplikasi ini memiliki tingkat kelayakan tinggi: 88 7 dari ahli media 92 5 dari validator materi dan 72 84 dari siswa Aplikasi ini memudahkan siswa memahami materi Animasi 2D amp; 3D meningkatkan motivasi belajar dan menciptakan suasana pembelajaran yang menarik < em>< p>

ABSTRACT< em>< strong>< p>

nbsp;< em>Education is an important factor in building quality human resources However challenges such as lack of facilities low quality of education and monotonous teaching methods remain obstacles Technology offers a potential solution particularly through the development of interactive multimedia This research aims to develop and test the feasibility of interactive learning multimedia based on the 2D amp; 3D Animation subject for grade XI students at SMK Negeri 1 Sonder The development method uses the MDLC Multimedia Development Life Cycle model which includes the stages of concept design material collection creation testing and distribution The application is designed in exe format equipped with features such as Evaluation Learning Objectives Learning Materials and Creator Profiles Interactive elements such as games characters traps and scores are added to enhance learning motivation Testing results show that the application has a high level of feasibility: 88 7 from media experts 92 5 from material validators and 72 84 from students The application helps students understand 2D amp; 3D Animation material increases learning motivation and creates an engaging learning atmosphere < em>< p>

References

Angelika M Saputri S A Lestari R 2023 STUDI LITERATUR ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAME BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPA DI SD Mimbar PGSD Flobamorata 1 4 257 265

Baharun H 2016 Pengembangan media pembelajaran pai berbasis lingkungan melalui model assure Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 14 2 231 246

Hanik E U Puspitasari D Safitri E Firdaus H R Pratiwi M Inayah R N 2022 Integrasi Pendekatan tpack technological pedagogical content knowledge guru sekolah dasar sikl dalam melaksanakan pembelajaran era digital JEID: Journal of Educational Integration and Development 2 1 15 27

Hingide M N Mewengkang A Munaiseche C P C 2021 Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif platform android pada mata pelajaran ppkn smk Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 557 566

Khiyarusoleh U 2016 Konsep Dasar Perkembangan Kognitif Pada Anak Menurut Jean Piaget: Array DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar 5 1

Mokalu V R Panjaitan J K Boiliu N I Rantung D A 2022 Hubungan teori belajar dengan teknologi pendidikan Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4 1 1475 1486

Muhammed A 2016 The Effects of Signaling Principle in a Song Based Courseware on Students Listening Skill and Motivation Doctoral dissertation Universiti Sains Malaysia

Saifulloh A M Darwis M 2020 Manajemen pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di masa pandemi covid 19 Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 3 2 285 312

Supari K P Kenap A A Mewengkang A 2021 Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 6 700 708

Suryanti A Putra I N A S Nurrahman F 2021 Pengembangan Media Pembelajaran Energi Alternatif Berbasis Multimedia Interaktif Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia 11 2 147 156

Wahyu R 2013 LKP: Pembuatan Iklan Coffee Corner dan Promotion Tool Pada Media Elektronik Doctoral dissertation STIKOM Surabaya

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Animasi 2D dan 3D Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sonder. (2024). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(6), 668 680. https://doi.org/10.53682/edutik.v4i1.11181