Analisis Penjaminan Mutu di SMK Negeri 1 Tombariri

Authors

  • Lianda Sondey Jurusan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Manado
  • Hizkia Kamang Manggopa Jurusan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Manado
  • Rolly Oroh Jurusan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v4i6.11185

Keywords:

Penjaminan mutu pendidikan, sekolah efektif, faktor sosial ekonomi, pendidikan karakter, hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

 Penelitian ini menganalisis penerapan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) di tingkat pendidikan dasar dan menengah, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan di daerah dengan akses terbatas. Penelitian ini juga mengeksplorasi pengaruh faktor sosial ekonomi dan lingkungan keluarga terhadap pembelajaran, serta evaluasi dampak prinsip sekolah efektif terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan studi kasus di beberapa sekolah di daerah terbatas. Hasil menunjukkan bahwa meskipun SPMP, baik SPMI maupun SPME, telah diterapkan, masih ada ketimpangan implementasi, terutama di daerah kurang berkembang. Faktor sosial ekonomi dan lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap kualitas pembelajaran. Penerapan prinsip sekolah efektif meningkatkan mutu pendidikan, namun terbatas oleh sumber daya dan pemahaman yang belum merata. Integrasi pendidikan karakter dalam kurikulum menunjukkan dampak positif terhadap kepribadian siswa. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan bagi pendidik, penyediaan fasilitas yang memadai, dan pemerataan implementasi kebijakan mutu pendidikan di seluruh daerah untuk mencapai kualitas pendidikan yang lebih baik.

ABSTRACT

 This study analyzes the implementation of the Education Quality Assurance System (SPMP) at the primary and secondary education levels, as well as factors affecting educational quality in areas with limited access. It also explores the impact of socio-economic factors and family environment on the learning process and evaluates the effect of effective school principles on student learning outcomes. A descriptive qualitative approach with case studies in schools in underdeveloped areas was used. The results show that although the SPMP, including both Internal and External Quality Assurance Systems (SPMI and SPME), has been implemented, there are still disparities, particularly in less developed regions. Socio-economic and family environmental factors significantly affect learning quality. The implementation of effective school principles improves educational quality but is hindered by limited resources and uneven understanding. The integration of character education in the curriculum positively influences students' personality development. This study recommends enhancing teacher training, providing adequate facilities, and ensuring the equitable implementation of quality assurance policies across regions to improve education quality.

References

Abidin, Z., & Yusuf, M. (2023). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah al Azhar Tanjung Bumi Bangkalan. JOURNAL OF EARLY CHILDHOOD EDUCATION STUDIES, 3(1), 38-88.

Amriyadi, A., Warsah, I., & Murniyanto, M. (2023). Sistem Penjaminan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 3 Surulangun Kabupaten Musi Rawas Utara (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Azwarni, A., Oktavia, A., Nasir, M., Hariyadi, F., Pahotan, D., Lubis, H., ... & Nasti, N. (2023). Pengaruh Dimensi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Sistem Penjamin Mutu Internal, dan Budaya Sekolah Terhadap Mutu Kompetensi Guru SD. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 4(5), 270-278.

Chudaifah, L. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru SMK Swasta di Jakarta Timur. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 95-104.

Hidayah, N. (2023). Total Quality Manajeman Dalam Meningkatkan Pengelolaan Proses Pendidikan. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7(2), 410-424.

Indadihayati, W., & Hariyanto, V. L. (2023). Tinjauan Literatur Tentang Penerapan Prinsip Total Quality Management Dalam Pendidikan Vokasi: Tantangan Dan Peluang. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 7(1), 1-20.

Kurniawan, W., Maulidin, S., & Rohman, M. (2024). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Total Quality Manajemen. Cakrawala: Jurnal Kajian Studi Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial, 8(1), 36-53.

Pater, I. M., Yudana, I. M., & Natajaya, N. (2020). Studi Evaluasi Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dalam Rangka Mewujudkan Budaya Mutu. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 95-103.

Purba, E. F. (2024). STRATEGI PENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL: SEBUAH KAJIAN LITERATUR. DIKAIOS| Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 4(2), 26-41.

Umar, M., & Ismail, F. (2018). Peningkatan mutu lembaga pendidikan ISLAM (Tinjauan konsep mutu Edward Deming dan Joseph Juran). Jurnal Ilmiah Iqra', 11(2).

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Sondey, L., Manggopa, H. K., & Oroh, R. (2024). Analisis Penjaminan Mutu di SMK Negeri 1 Tombariri. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(6), 2315-2322. https://doi.org/10.53682/edutik.v4i6.11185