Studi Netnografi: Respon Penonton dalam Tayangan Hilang dalam Dekapam Semeru pada Channel Youtube RJL 5

Authors

  • Zidan Abid Maulana Pascasarjana Komunikasi Penyiaran Islam, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Mustain Mustain Pascasarjana Komunikasi Penyiaran Islam, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v5i1.11338

Keywords:

Analisis Respon, Hilang dalam Dekapan Semeru, Channel Youtube, RJL 5

Abstract

ABSTRAK< em>< strong>< p>

Jumlah pengguna YouTube di Indonesia sendiri tercatat sebanyak 88 16 persen dari total pengguna internet Ini menunjukkan bahwa YouTube merupakan platform video online dengan penetrasi tinggi di Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon penonton terhadap video Hilang Dalam Dekapan Semeru pada channel YouTube RJL 5 dengan menggunakan metode netnografi Video tersebut menceritakan kisah nyata tentang kehilangan teman saat mendaki Gunung Semeru Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan netnografi untuk mempelajari interaksi sosial dan respon penonton secara online Data diperoleh dari komentar publik pada video yang menjadi objek penelitian Hasilnya menunjukkan banyak respon positif yang menganggap video tersebut memberikan pelajaran hidup dan motivasi Selain itu video ini dinilai mampu memberikan hiburan serta inspirasi bagi penontonnya Hasil dari penelitian ini adalah bahwa konten horor di YouTube tidak selalu identik dengan hal hal negatif seperti unsur SARA pornografi ataupun hoaks Video Hilang Dalam Dekapan Semeru justru mampu memberikan manfaat positif bagi penontonnya Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas konten serta optimalisasi platform YouTube < em>< p>

nbsp;< em>ABSTRACT< em>< strong>< p>

nbsp;< em>The number of YouTube users in Indonesia itself is recorded at 88 16 percent of total internet users This shows that YouTube is an online video platform with high penetration in Indonesia This study aims to analyze the audience response to the Lost in Semeru s Embrace video on the RJL 5 YouTube channel using the netnography method The video tells a true story about losing friends while hiking Mount Semeru The research method used is qualitative with a netnographic approach to study social interactions and audience responses online Data were obtained from public comments on the video under study The results show many positive responses that consider the video provides life lessons and motivation In addition this video is considered to provide entertainment and inspiration for the audience The result of this research is that horror content on YouTube is not always identical with negative things such as SARA elements pornography or hoaxes The Lost in Semeru s Embrace video is actually able to provide positive benefits for the audience The results of this study are expected to improve content quality and optimization of the YouTube platform < em>< p>

References

Abrar M 2020 Karakteristik dan Kesenjangan Spasial Pengguna Internet E Commerce serta E Banking di Jawa Timur Jurnal Penelitian Komunikasi 23 1

Adnan I Iskandar D 2020 Studi Netnografi Belajar Membuat Podcast Pada Komunitas The Podcasters Di Media Social Discord Jurnal Syntax Transformation 1 09 619 623

Akbar S 2021 Media komunikasi dalam mendukung penyebarluasan informasi penanggulangan pandemi COVID 19 Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa 2 1

Alfiana D Qarni W Siregar M H 2024 Analisis Peran YouTube Sebagai Media Komunikasi Dakwah Dalam Pengembangan Masyarakat Islam Jurnal Manajemen Akuntansi JUMSI 4 1 139 148

Arwani S Bakti A M F 2024 ANALISIS KOMUNIKASI ISLAM DAN GENRE HOROR RELIGI DALAM FILM QODRAT ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 15 1

Darmawan A B Azis F A Aini M N 2019 Negosiasi Pemuda dalam Fleksibilitas Pasar Kerja: Studi Netnografi terhadap Mikro Selebriti di Daerah Istimewa Yogyakarta Jurnal Studi Pemuda 8 1 47

Gultom R 2018 Kajian Netnografi Terhadap Komunitas Cyber dBC Network Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi 7 2 54 63

Hadi I P 2021 Penelitian Media Kualitatif Rajawali Pers PT RajaGrafindo Persada

Hasibuan D R A Kartini K Angginami H Ritonga I H Al Rasyid R 2023 Pemanfaatan Media Sosial Youtube sebagai Media Edukasi di Kalangan Milenial Sci Tech Journal 2 2 142 147

Muamar J Imtinan G H 2022 Instagram Sebagai Medium Komunikasi Risiko Orang Tua Kepada Anak Selama Pandemi Covid 19: Studi Netnografi Komunitas Pola Asuh Virtual Jurnal Komunikasi Pembangunan 20 01 27 46

Muhammad N R J Humaizi H Pohan S 2021 Motif Menonton Tayangan Variety Show Running Man dan Pemenuhan Kebutuhan Penonton Jurnal Sosial Dan Teknologi 1 12 1 536

Nai M C B Zahra P P Saharani S M 2024 Analisis Persepsi Penonton Tentang Fenomena Mistis Dalam Film Badarawuhi di Desa Penari Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial JKOMDIS 4 2 590 594

Ningrum R K Prihantoro E 2020 Pengaruh Intensitas Dan Motif Penggunaan Media Instagram Terhadap Kepuasan Mendapatkan Informasi Followers Akun@ soloinfo Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi 2 2 60 67

Pasaribu A M 2017 Pendapatan usaha dan beban operasional terhadap laba bersih pada perusahaan makanan dan minuman Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil 7 2 173 180

Pertiwi M Ri aeni I Yusron A 2020 Analisis Resepsi Interpretasi Penonton terhadap Konflik Keluarga dalam Film Dua Garis Biru Jurnal Audiens 1 1 1 8

Praditya A Pamungkas I B Tajuddien R 2023 STUDI NETNOGRAFI TAYANGAN KISAH HILANGNYA 3 PENDAKI GUNUNG SLAMET 1985 CHANNEL RJL 5 SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic Accounting Management and Business 6 4 792 802

Priyowidodo G 2022 Monograf Netnografi Komunikasi: Aplikasi pada Tiga Riset Lapangan PT RajaGrafindo Persada Rajawali Pers

Putra R A 2022 ANALISIS SEMIOTIKA PESAN SINDIRAN KEPADA BIROKRASI PEMERINTAHAN DALAM FILM ANIMASI ZOOTOPIA Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam 5 2 94 110

Ratnamulyani I A Maksudi B I 2018 Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Dikalangan Pelajar Di Kabupaten Bogor Sosiohumaniora 20 2 154 161

Sabrina G R Vera N 2023 Komentar Positif Netizen Terhadap Film Like Share Studi Netnografi Akun Instagram@ Filmlikeandsahre Innovative: Journal Of Social Science Research 3 5 7008 7018

Santoso R 2020 Review of Digital Marketing Business Sustainability of E Commerce During Pandemic Covid19 In Indonesia JIET Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan 5 2 36 48

Saputra A 2019 Survei penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa kota padang menggunakan teori uses and gratifications Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi 40 2 207 216

Sari A C Hartina R Awalia R Irianti H Ainun N 2018 Komunikasi dan media sosial Jurnal The Messenger 3 2 69

Yumiarti Y Komalasari B 2020 Pemanfaatan Internet dan Agenda Setting Media Massa Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 5 1 69 88

Zein M F 2019 Panduan Menggunakan Media Sosial untuk Generasi Emas Milenial Mohamad Fadhilah Zein

Downloads

Published

2025-02-27

How to Cite

Studi Netnografi: Respon Penonton dalam Tayangan Hilang dalam Dekapam Semeru pada Channel Youtube RJL 5. (2025). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 1 15. https://doi.org/10.53682/edutik.v5i1.11338