Studi Netnografi: Respon Penonton dalam Tayangan “Hilang dalam Dekapam Semeru” pada Channel Youtube RJL 5
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v5i1.11338Keywords:
Analisis Respon, Hilang dalam Dekapan Semeru, Channel Youtube, RJL 5Abstract
ABSTRAK
Jumlah pengguna YouTube di Indonesia sendiri tercatat sebanyak 88,16 persen dari total pengguna internet. Ini menunjukkan bahwa YouTube merupakan platform video online dengan penetrasi tinggi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon penonton terhadap video "Hilang Dalam Dekapan Semeru" pada channel YouTube RJL 5 dengan menggunakan metode netnografi. Video tersebut menceritakan kisah nyata tentang kehilangan teman saat mendaki Gunung Semeru. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan netnografi untuk mempelajari interaksi sosial dan respon penonton secara online. Data diperoleh dari komentar publik pada video yang menjadi objek penelitian. Hasilnya menunjukkan banyak respon positif yang menganggap video tersebut memberikan pelajaran hidup dan motivasi. Selain itu video ini dinilai mampu memberikan hiburan serta inspirasi bagi penontonnya. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa konten horor di YouTube tidak selalu identik dengan hal-hal negatif seperti unsur SARA, pornografi, ataupun hoaks. Video "Hilang Dalam Dekapan Semeru" justru mampu memberikan manfaat positif bagi penontonnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas konten serta optimalisasi platform YouTube.
ABSTRACT
The number of YouTube users in Indonesia itself is recorded at 88.16 percent of total internet users. This shows that YouTube is an online video platform with high penetration in Indonesia. This study aims to analyze the audience response to the "Lost in Semeru's Embrace" video on the RJL 5 YouTube channel using the netnography method. The video tells a true story about losing friends while hiking Mount Semeru. The research method used is qualitative with a netnographic approach to study social interactions and audience responses online. Data were obtained from public comments on the video under study. The results show many positive responses that consider the video provides life lessons and motivation. In addition, this video is considered to provide entertainment and inspiration for the audience. The result of this research is that horror content on YouTube is not always identical with negative things such as SARA elements, pornography, or hoaxes. The "Lost in Semeru's Embrace" video is actually able to provide positive benefits for the audience. The results of this study are expected to improve content quality and optimization of the YouTube platform.
References
Abrar, M. (2020). Karakteristik dan Kesenjangan Spasial Pengguna Internet, E-Commerce, serta E-Banking di Jawa Timur. Jurnal Penelitian Komunikasi, 23(1).
Adnan, I., & Iskandar, D. (2020). Studi Netnografi Belajar Membuat Podcast Pada Komunitas The Podcasters Di Media Social Discord. Jurnal Syntax Transformation, 1(09), 619–623.
Akbar, S. (2021). Media komunikasi dalam mendukung penyebarluasan informasi penanggulangan pandemi COVID-19. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(1).
Alfiana, D., Qarni, W., & Siregar, M. H. (2024). Analisis Peran YouTube Sebagai Media Komunikasi Dakwah Dalam Pengembangan Masyarakat Islam. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 4(1), 139–148.
Arwani, S., & Bakti, A. M. F. (2024). ANALISIS KOMUNIKASI ISLAM DAN GENRE HOROR-RELIGI DALAM FILM QODRAT. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 15(1).
Darmawan, A. B., Azis, F. A., & Aini, M. N. (2019). Negosiasi Pemuda dalam Fleksibilitas Pasar Kerja: Studi Netnografi terhadap Mikro-Selebriti di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda, 8(1), 47.
Gultom, R. (2018). Kajian Netnografi Terhadap Komunitas Cyber dBC Network. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(2), 54–63.
Hadi, I. P. (2021). Penelitian Media Kualitatif-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.
Hasibuan, D. R. A., Kartini, K., Angginami, H., Ritonga, I. H., & Al-Rasyid, R. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Youtube sebagai Media Edukasi di Kalangan Milenial. Sci-Tech Journal, 2(2), 142–147.
Muamar, J., & Imtinan, G. H. (2022). Instagram Sebagai Medium Komunikasi Risiko Orang Tua Kepada Anak Selama Pandemi Covid-19: Studi Netnografi Komunitas Pola Asuh Virtual. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 20(01), 27–46.
Muhammad, N. R. J., Humaizi, H., & Pohan, S. (2021). Motif Menonton Tayangan Variety Show Running Man dan Pemenuhan Kebutuhan Penonton. Jurnal Sosial Dan Teknologi, 1(12), 1–536.
Nai, M. C. B., Zahra, P. P., & Saharani, S. M. (2024). Analisis Persepsi Penonton Tentang Fenomena Mistis Dalam Film Badarawuhi di Desa Penari. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 4(2), 590–594.
Ningrum, R. K., & Prihantoro, E. (2020). Pengaruh Intensitas Dan Motif Penggunaan Media Instagram Terhadap Kepuasan Mendapatkan Informasi Followers Akun@ soloinfo. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 2(2), 60–67.
Pasaribu, A. M. (2017). Pendapatan usaha dan beban operasional terhadap laba bersih pada perusahaan makanan dan minuman. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 7(2), 173–180.
Pertiwi, M., Ri’aeni, I., & Yusron, A. (2020). Analisis Resepsi Interpretasi Penonton terhadap Konflik Keluarga dalam Film" Dua Garis Biru". Jurnal Audiens, 1(1), 1–8.
Praditya, A., Pamungkas, I. B., & Tajuddien, R. (2023). STUDI NETNOGRAFI TAYANGAN" KISAH HILANGNYA 3 PENDAKI GUNUNG SLAMET 1985" CHANNEL RJL 5. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 6(4), 792–802.
Priyowidodo, G. (2022). Monograf Netnografi Komunikasi: Aplikasi pada Tiga Riset Lapangan. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.
Putra, R. A. (2022). ANALISIS SEMIOTIKA PESAN SINDIRAN KEPADA BIROKRASI PEMERINTAHAN DALAM FILM ANIMASI ZOOTOPIA. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 5(2), 94–110.
Ratnamulyani, I. A., & Maksudi, B. I. (2018). Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Dikalangan Pelajar Di Kabupaten Bogor. Sosiohumaniora, 20(2), 154–161.
Sabrina, G. R., & Vera, N. (2023). Komentar Positif Netizen Terhadap Film’Like & Share’(Studi Netnografi Akun Instagram@ Filmlikeandsahre). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 7008–7018.
Santoso, R. (2020). Review of Digital Marketing & Business Sustainability of E-Commerce During Pandemic Covid19 In Indonesia. JIET (Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan), 5(2), 36–48.
Saputra, A. (2019). Survei penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa kota padang menggunakan teori uses and gratifications. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 40(2), 207–216.
Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan media sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69.
Yumiarti, Y., & Komalasari, B. (2020). Pemanfaatan Internet dan Agenda Setting Media Massa. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 5(1), 69–88.
Zein, M. F. (2019). Panduan Menggunakan Media Sosial untuk Generasi Emas Milenial. Mohamad Fadhilah Zein.