Pendekatan Komunikasi PT Bukit Asam dalam Melaksanakan Program Community Engagement : Peningkatan Kesehatan Masyarakat Tanjung Enim
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v5i2.11483Keywords:
Kata kunci: Komunikasi, Kesehatan, Masyarakat, PT Bukit Asam, Community engagementAbstract
Penelitian ini menjelaskan pendekatan komunikasi yang dilakukan oleh PT Bukit Asam dalam melaksanakan program community engagement melalui satuan kerja sustainability (CSR) untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di area operasional Tanjung Enim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendekatan komunikasi yang diterapkan PT Bukit Asam dalam mengimplementasikan program tersebut di wilayah Ring 1. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan narasumber relevan, dan dokumentasi, serta menggunakan Analisis SWOT untuk memahami kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Bukit Asam berhasil melaksanakan berbagai program kesehatan, seperti pengobatan gratis dan layanan kesehatan keliling, yang berdampak positif bagi masyarakat dengan memperluas akses terhadap layanan kesehatan dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kesehatan. Strategi komunikasi yang efektif dan partisipatif yang diterapkan oleh perusahaan dapat memperkuat hubungan antara PT Bukit Asam dan masyarakat setempat, serta menunjukkan bahwa program CSR yang dijalankan tidak hanya berfokus pada kepentingan perusahaan, tetapi juga pada pembangunan sosial yang berkelanjutan, menjadikan PT Bukit Asam contoh baik dalam menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan yang berdampak positif bagi komunitas di sekitarnya.
ABSTRACT
This research explains the communication approach taken by PT Bukit Asam in implementing the community engagement program through the sustainability work unit (CSR) to improve community health in the Tanjung Enim operational area. The method used was descriptive qualitative, with data collection through observation, interviews with relevant resource persons, and documentation, and using SWOT analysis to understand the strengths, weaknesses, opportunities, and threats faced by the company. The results showed that PT Bukit Asam successfully implemented various health programs, such as free medical treatment and mobile health services, which had a positive impact on the community by expanding access to health services and increasing public awareness of the importance of health. The effective and participatory communication strategy implemented by the company strengthened the relationship between PT Bukit Asam and the local community, and showed that the CSR programs were not only focused on the company's interests, but also on sustainable social development, making PT Bukit Asam a good example in carrying out corporate social responsibility that had a positive impact on the surrounding community.
References
Carroll, A. B., & Buchholtz, A. K. (2014). Business and Society: Ethics, Sustainability, and Stakeholder Management. Cengage Learning.
Dwi Astuti Zebua, W. (2019). Implementasi Corporate Social Responsibility (Csr) Pada Program Pinkvoice Oleh Starbucks Indonesia Dalam Membangun Citra. Jurnal PERSPEKTIF Komunikasi, 3(1), 30–38. www.liputan6.com.
Gürel, E., & Tat, M. (2017). SWOT Analysis: A Theoretical Review. Journal of International Social Research, 10(51), 994-1006.
Kaparino, Y. (2022, April 21). News. Diungkap Kadis LHP di RDP DPRD Sumsel, PTBA Pernah Kena Sanksi dan Anak Usaha Dapat Proper Merah: Tersedia secara online di https://www.rmolsumsel.id/selain-proper-merah-untuk-anak-usahanya-ptba-ternyata-pernah-disanksi-menteri-lhk-atas-pencemaran-lingkungan#google_vignette Diakses 5 April 2025 pukul 14.35 WIB
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Laporan Kesehatan Indonesia 2022.Lagesan, H., Mewengkang, A., & Ratumbuisang, K. F. (2023). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Hasil Belajar Siswa Di Smk Negeri 1 Tondano. In Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Vol. 3).
Mayasari, S. (2021). Implementasi Corporate Social Responsibility PT. Bukit Asam (PTBA) dalam Penanganan Pandemi Virus Corona di Indonesia. Jurnal Ilmiah Multimedia dan Komunikasi, 6(1).Murni, N. S. (2020). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Bandung : Media Sains Indonesia.
Putri, W. (2019). Strategi Humas dalam Kegiatan CSR di Bidang Kesehatan. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.
Sari, P. (2019). Strategi Corporate Social Responsibility (SCR) dalam Meningkatkan Citra Perusahaan PT. Toba Pulp Lestari (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).
VOA News. (2023, Oktober 24). Report: Air pollution linked to nearly 2,000 child deaths a day. VOA News. Tersedia secara online di https://www.voanews.com/a/report-air-pollution-linked-to-nearly-2000-child-deaths-a-day/7661807.html. Diakses pada 31 maret 2025 pukul 10.22 WIB.
World Health Organization (WHO). (2021). Air Quality and Health. Retrieved from WHO website.
Wallerstein, N., Minkler, M., Carter-Edwards, L., Avila, M., & Sanchez, V. (2015). Improving health through community engagement, community organization, and community building. Health behavior: theory, research and practice, 5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dera Triyaningsih, Yenrizal Yenrizal, Putri Citra Hati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.