Pengembangan Game Edukasi Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Animasi 2D

Authors

  • Abraham Marturia Jackson Rembet Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Trudi Komansilan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v5i1.11594

Keywords:

Game Edukasi, Media, Animasi 2D

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

< strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi sebagai media pendukung pembelajaran animasi 2D dan mengetahui tingkat kelayakan dari game edukasi Penelitian ini menggunakan model pengembangan research and development dengan prosedur pengembangan MDLC concept design material collecting assembly testing dan distribution Penelitian ini menggunakan Teknik analisis data yang dikemukakan oleh Arikunto Hasil penelitian menunjukan game edukasi berhasil dikembangkan menggunakan aplikasi Unity 2D kelayakan game edukasi divalidasi oleh ahli media dan ahli materi ahli media menyatakan game edukasi sangat layak digunakan dengan rara rata presentase 89 33 sedangkan ahli materi menyatakan game edukasi sangat layak dengan rata rata presentase 95 29 dari uji usability terhadap penggunakan mendapatkan rata rata 83 10 sehingga dapat disumpulkan game edukasi dapat digunakan dalam proses pembelajaran Animasi 2D < em>< p>

ABSTRACT< strong>< p>

< strong>This study aims to develop educational games as a supporting media for 2D animation learning and to determine the level of feasibility of educational games This study uses a research and development model with MDLC concept design material collecting assembly testing and distribution development procedures This study uses data analysis techniques proposed by Arikunto The results of the study showed that educational games were successfully developed using the Unity 2D application The feasibility of educational games was validated by media experts and material experts media experts stated that educational games were very feasible to use with an average percentage of 89 33 while material experts stated that educational games were very feasible with an average percentage of 95 29 from the usability test on users getting an average of 83 10 so it can be concluded that educational games can be used in the 2D Animation learning process < em>< p>

References

Andi Setiawan 2017 Belajar dan Pembelajaran Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Budiman H 2017 Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan Al Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8 1 31 43

Dewi E 2019 Potret pendidikan di era globalisasi teknosentrisme dan dehumanisasi Sukma: Jurnal Pendidikan 3 1 93 116

Djamen A C Rompas P T D Ratumbanua M 2022 Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di SMP Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 1 65 76

Khasanah U Nugraheni E A 2022 Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Vll Pada Materi Segiempat Berbantuan Aplikasi Geogebra di SMP Negeri 239 Jakarta Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 6 1 181 190

Lutfiandi dan Hartanto dalam Azeti Azeti S Mulyadi H Mulyadi H Purnama R Purnama R 2019 Peran motivasi belajar dan disiplin belajar pada prestasi belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan Journal of Business Management Education JBME 4 2 10 17

Manurip V Togas P V Liando O E S 2023 Pengembangan Multimedia Pembelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Negeri 1 Tondano Journal of Education Method and Technology: JEMTech 14 20

Nurrita 2019 Pemanfaatan edukasi motivasi pada mata kuliah proteksi sistem tenaga listrik Jurnal pendidikan 57 68

Pradana A G 2019 October Rancang Bangun Game Edukasi AMUDRA Alat Musik Daerah Berbasis Android In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi SENATIK Vol 2 No 1 pp 49 53

Sambur G Liando O E S Rianto I 2023 Pengembangan Media Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 9 Halmahera Selatan Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 3 1 88 97

Saruan H Komansilan T Togas P V Ratumbuisang K F 2023 Pengembangan Media Pembelajaran Fotografi di SMK Negeri 1 Tareran Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 3 3 356 363

Siswoyo Dwi et al 2011 Ilmu Pendidikan Yogyakarta: UNY Press

Tafonao T 2018 Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat mahasiswa Jurnal komunikasi pendidikan 2 2 103 114

Tarigan D Siagian S 2015 Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran ekonomi Jurnal teknologi informasi komunikasi dalam pendidikan 2 2 187 200

Wahyugi R Fatmariza F 2021 Pengembangan multimedia interaktif menggunakan software macromedia flash 8 sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3 3 785 793

Wonggo M A Waworuntu J Komansilan T 2021 Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran animasi 2D berbasis mobile untuk siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 4 402 416

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Pengembangan Game Edukasi Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Animasi 2D. (2025). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 16 30. https://doi.org/10.53682/edutik.v5i1.11594