Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi SMK di Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v5i2.11614Keywords:
Kurikulum Merdeka, SMK, TJKTAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
< strong>Perkembangan teknologi yang pesat menuntut dunia pendidikan khususnya Sekolah Menengah Kejuruan SMK untuk terus beradaptasi dalam mempersiapkan lulusan yang kompeten dan siap kerja Pemerintah Indonesia merespons kebutuhan ini dengan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yang menggantikan kurikulum sebelumnya dan memberikan pendekatan pembelajaran yang lebih fleksibel dan berbasis proyek Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka pada Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi TJKT di SMK BLK Bandar Lampung dengan fokus pada aspek perencanaan pelaksanaan dan dampaknya terhadap proses pembelajaran Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara semi terstruktur dan observasi lapangan Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka di SMK BLK Bandar Lampung telah diterapkan melalui pembelajaran berbasis fase Fase E dan F dengan penekanan pada capaian pembelajaran yang mencakup keterampilan teknis dan non teknis sesuai kebutuhan industri Kurikulum ini juga mengintegrasikan nilai nilai Profil Pelajar Pancasila dalam proses pembelajaran Namun terdapat sejumlah tantangan dalam implementasinya seperti kesiapan tenaga pendidik keterbatasan infrastruktur serta beban administratif yang tinggi Kesimpulannya meskipun Kurikulum Merdeka memberikan peluang besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi diperlukan dukungan berkelanjutan untuk mengatasi tantangan yang ada guna mencapai tujuan pendidikan yang optimal dan relevan dengan perkembangan teknologi serta tuntutan dunia kerja < em>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
< strong>The rapid advancement of technology demands the education sector particularly Vocational High Schools SMK to continuously adapt in preparing competent and job ready graduates The Indonesian government has responded to this need by implementing the Merdeka Curriculum which replaces the previous curriculum with a more flexible project based learning approach This study aims to analyze the implementation of the Merdeka Curriculum in the Computer and Telecommunications Network Engineering TJKT program at SMK BLK Bandar Lampung focusing on planning execution and its impact on the learning process A descriptive qualitative method was employed with data collected through semi structured interviews and field observations The findings indicate that the Merdeka Curriculum has been implemented through a phased learning model Phase E and Phase F emphasizing learning outcomes that include both technical and non technical skills aligned with industry needs The curriculum also integrates the values of the Pancasila Student Profile within the learning process However several challenges were identified during implementation such as teacher readiness limited infrastructure and high administrative workload In conclusion while the Merdeka Curriculum offers significant potential for improving the quality of vocational education ongoing support is necessary to overcome existing obstacles in order to achieve optimal educational outcomes that are in line with technological developments and the demands of the workforce < em>< p>
References
Direktorat SMK 2022 Capaian Pembelajaran Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi TJKT Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
Dwi A 2023 Penerapan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Dalam Mengatasi Krisis Pembelajaran Learning Loss Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di Sma Negeri 12 Bandar Lampung Doctoral dissertation UIN RADEN INTAN LAMPUNG
Fullan M 2007 The New Meaning of Educational Change New York: Teachers College Press
Kemendikbudristek 2022 Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi
Kemendikbudristek 2022 Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi
Kepmendikbudristek 2021 Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 165 M 2021 tentang Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan hlm 30
Miles M B Huberman A M 1994 Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook 2nd ed Thousand Oaks CA: Sage Publications
Mukhtar P D Pd M 2013 Metode praktis penelitian deskriptif kualitatif Jakarta: GP Press Group 137
Nurani D Anggraini L Misiyanto K R M Mulia K R 2022 Serba Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar Jakarta: Tim Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Puskurjar BSKAP
Prihantoro C R 2020 Vocational high school readiness for applying curriculum outcome based education obe in industrial 4 0 era International Journal of Curriculum and Instruction 12 1 251 267
Republik Indonesia 2003 Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78
Ropiyah R Suriswo S Mulyono T 2024 Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 2 Slawi Journal of Education Research 5 1 408 416
Rosina H Virgantina V Ayyash Y Dwiyanti V Boonsong S 2021 Vocational education curriculum: Between vocational education and industrial needs ASEAN Journal of Science and Engineering Education 1 2 105 110
Wahyudi 2018 Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Karakter di SMK 1 Kota Batu Jurnal al Ishlah 10 2 123 135
Wardina U V Jalinus N Asnur L 2019 Kurikulum pendidikan vokasi pada era revolusi industri 4 0 Jurnal pendidikan 20 1 82 90
