Penerapan Strategi Public Speaking Anggota DPRD Kota Palembang dalam Meningkatkan Komunikasi pada Proses Rapat Pansus
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v5i2.11650Keywords:
Public Speaking, Rapat, KomunikasiAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini membahas penerapan strategi public speaking oleh anggota DPRD Kota Palembang dalam meningkatkan komunikasi pada proses rapat Panitia Khusus (Pansus). Di tengah meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap transparansi dan akuntabilitas kinerja legislatif, kemampuan berbicara di depan umum menjadi aspek penting dalam menunjang efektivitas komunikasi politik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi dan wawancara terhadap anggota DPRD serta masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan komunikasi dalam forum rapat Pansus sangat dipengaruhi oleh penerapan tiga elemen retorika Aristoteles, yaitu ethos, pathos, dan logos. Anggota DPRD yang mampu membangun kredibilitas, menyentuh emosi audiens, dan menyampaikan argumen secara logis, terbukti lebih efektif dalam menyampaikan laporan dan memengaruhi arah diskusi. Strategi public speaking seperti penggunaan bahasa sederhana, pelibatan audiens, serta penyampaian yang ekspresif dan terstruktur menjadi kunci dalam meningkatkan keterhubungan antara legislatif dan masyarakat. Penelitian ini merekomendasikan penguatan pelatihan komunikasi politik bagi anggota dewan guna mendukung terciptanya komunikasi publik yang lebih inklusif, persuasif, dan akuntabel.
ABSTRACT
This study discusses the application of public speaking strategies by members of the Palembang City DPRD in improving communication during the Special Committee (Pansus) meeting process. Amidst increasing public demands for transparency and accountability of legislative performance, the ability to speak in public is an important aspect in supporting the effectiveness of political communication. This study uses a descriptive qualitative approach through observation and interviews with DPRD members and the public. The results of the study indicate that the success of communication in the Pansus meeting forum is greatly influenced by the application of three elements of Aristotle's rhetoric, namely ethos, pathos, and logos. DPRD members who are able to build credibility, touch the emotions of the audience, and convey arguments logically, have proven to be more effective in delivering reports and influencing the direction of the discussion. Public speaking strategies such as the use of simple language, audience involvement, and expressive and structured delivery are key to increasing the connection between the legislature and the public. This study recommends strengthening political communication training for council members to support the creation of more inclusive, persuasive, and accountable public communication.
References
Agusta, I. (2003). Teknik pengumpulan dan analisis data kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27(10), 179-188.
Amalia, A. N. (2022). Teknik Berbicara di Depan Umum (Public Speaking) dan Negosiasi. Penerbit NEM.
Aqilah, Z., & Susilaningsih, S. (2024). Pengembangan Desain Pelatihan Public Speaking untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Digital Mahasiswa. Proceedings Series of Educational Studies, 147-159.
Ariftha, A. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PUBLIC SPEAKING PADA KARYAWAN ALFADH PARFUM. NIVEDANA: Jurnal Komunikasi dan Bahasa, 4(2), 364-372.
Aristoteles. (2018). Retorika: Seni Berbicara (D. Arsya (ed.); 1 ed.). Basabasi.
Aulia, N. (2024). BRANDING POLITIK PARTAI MELALUI PUBLIC SPEAKING POLITISI DI MEDIA TELEVISI MENURUT PANDANGAN MASYARAKAT (Studi pada Masyarakat di Kelurahan Gandaria Utara Jakarta Selatan) (Doctoral dissertation, Universitas Nasional).
Daryanto. 2014. Teori Komunikasi. Malang : Gunung Samudera.
Fadhila, N., & Abdilah, M. F. (2024). Retorika Dakwah Tiktok dalam Meningkatkan Efektivitas Public Speaking: Pendekatan, Teknik dan Tantangan. Mauriduna: Journal of Islamic Studies, 5(5), 476-484.
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research): Kajian Filosofis. Teoretis, Aplikasi, Proses, dan Hasil Penelitian (Edisi Revisi).
Harahap, H., Agung, S. S., Ginting, B., & Gani, D. S. (2012). Perilaku Komunikasi Anggota Komisi IV DPR RI dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Kementerian Pertanian tahun 2010. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 10(1).
Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif.
Karimah, E. N. (2020). Partisipasi Perempuan dalam Perumusan Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Menengah di DPRD DIY. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 9(3), 297-306.
McNatt, D. B. (2019). Enhancing public speaking confidence, skills, and performance: An experiment of service-learning. The International Journal of Management Education, 17(2), 276-285.
Nugroho, D. C., Manafe, L. A., Zebua, M., & Wibowo, B. S. (2024). PERAN PUBLIC SPEAKING PROFESIONAL DALAM MEMPROMOSIKAN ECO-BUSINESS INTELLIGENCE UNTUK PENINGKATAN RESILIENSI INDUSTRI KREATIF DI LAMONGAN. BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(3).
Putra, H. A., & Wijayanti, N. (2024). Strategi kepemimpinan siswa melalui public speaking sebagai sarana pengembangan bakat di SMAN 2 Banguntapan. Buletin Pengabdian Multidisiplin, 2(2), 78-88.
Razali, G., Andamisari, D., Putranto, A., Ambulani, N., Sanjaya, F., & Deryansyah, A. D. (2023). Pelatihan public speaking dalam meningkatkan komunikasi sosial. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4759-4767.
Rusdiah, R., & Sulaiman, R. (2024). Strategi Interaksi Dosen dalam Meningkatkan Keterlibatan Mahasiswa pada Mata Kuliah Public Speaking. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 2178-2190.
Saputra, R. A. V. W., Kom, S. I., & Kom, M. I. (2024). Retorika: Teori dan Teknik Praktis Seni Berbicara di Era Digital. wawasan Ilmu.
Solikhah, I. (2017). Penerapan Metode Role Play Pada Matakuliah Public Speaking Untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Di Iain Surakarta. Lingua: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 14(1), 1-12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syifa Azzahrah Putri, Henny Yusalia, Fera Indasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.