Pengaruh Mobile Learning terhadap Hasil Belajar Peserta didik di Indonesia: Sebuah Kajian Literatur
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v5i2.11672Keywords:
mobile learning, hasil belajar, pendidikan Indonesia, teknologi pembelajaran, pembelajaran digitalAbstract
ABSTRAK
Transformasi teknologi telah mendorong perubahan besar dalam dunia pendidikan, termasuk di Indonesia. Salah satu inovasi penting dalam transformasi ini adalah mobile learning, yaitu pemanfaatan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet untuk mendukung proses belajar mengajar. Kajian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh mobile learning terhadap hasil belajar peserta didik di Indonesia menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) terhadap sepuluh artikel ilmiah yang diterbitkan tahun 2019 – 2024. Hasil dari kajian menunjukkan bahwa implementasi mobile learning secara konsisten memberikan dampak positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik, baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotor. Selain itu mobile learning juga mampu meningkatkan motivasi, minat, keterlibatan aktif, dan kolaborasi peserta didik. Mobile Learning yang saat ini banyak digunakan diantaranya Quizizz, multimedia berbasis Android, permainan edukatif, dan aplikasi interaktif. Meskipun terbukti efektif, penerapannya masih memerlukan kesiapan dari pendidik dan peserta didik, serta pengembangan berkelanjutan terhadap media pembelajaran berbasis mobile juga masih dimungkinkan. Temuan ini menunjukkan bahwa mobile learning berpotensi besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan layak untuk terus dikembangkan di masa depan.
ABSTRACT
Technological transformation has driven significant changes in the field of education, including in Indonesia. One of the key innovations in this transformation is mobile learning, which refers to the use of mobile devices such as smartphones and tablets to support the teaching and learning process. This study aims to analyze the impact of mobile learning on student learning outcomes in Indonesia using a Systematic Literature Review (SLR) approach based on ten scholarly articles published between 2019 and 2024. The findings consistently show that the implementation of mobile learning has a positive and significant effect on improving students’ learning outcomes, including cognitive, affective, and psychomotor domains. Moreover, mobile learning also enhances students’ motivation, interest, active engagement, and collaboration. Commonly used mobile learning tools include Quizizz, Android-based multimedia, educational games, and interactive applications. Despite its proven effectiveness, successful implementation still requires preparedness from both educators and learners, and there is still room for further development of mobile-based learning media. These findings indicate that mobile learning holds great potential to enhance the quality of education in Indonesia and is worth continuous development in the future.
References
Abdjul, T., Monoarfa, R., & Uloli, R. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Ryleac Berbasis Mobile Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sma Negeri 2 Gorontalo. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 8(1), 123–127. https://doi.org/10.31764/ORBITA.V8I1.8073
Ardiansyah, Abd. A., & Nana, N. (2020). Peran Mobile Learning sebagai Inovasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran di Sekolah. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(1), 47–56. https://doi.org/10.23887/IJERR.V3I1.24245
Bangsawan, G. (2023). Kebijakan Akselerasi Transformasi Digital di Indonesia: Peluang dan Tantangan untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif. Jurnal Studi Kebijakan Publik, 2(1), 27–40. https://doi.org/10.21787/jskp.2.2023.27-40
Fardila, S., & Arief, M. (2021). Pengembangan mobile learning berbasis articulate storyline 3 pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan self-regulated learning dan hasil belajar siswa (studi pada kelas x OTKP di SMK Cendika Bangsa Kepanjen). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(4), 344–356. https://doi.org/10.17977/UM066V1I42021P344-356
Gill, S. (n.d.). How Many People Own Smartphones in the World? (2024-2029) | Priori Data. Https://Prioridata.Com/Data/Smartphone-Stats/.
How Many People Have Smartphones in 2024? (2024). https://www.oberlo.com/statistics/how-many-people-have-smartphones
Marta Wijayanti, D., Ahmadi, F., & Dasar, P. (2019). Keefektifan Mobile Learning Media Bermuatan Ethnoscience terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 129–136. https://doi.org/10.69896/MODELING.V6I2.463
Najjar, S., & Oktasari, H. (2023, October). Embracing Mobile Learning In Education: Membuka Keuntungan, Menghadapi Tantangan, dan Menjelajahi Prospek Masa Depan.
Oktavian, R., & Fitra Aldya, R. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763
Pramudita, A. D., Supriadi, B., Anggraeni, A. W., & Rahayu, T. (2023). Pengaruh Penggunaan Perangkat Mobile Learning Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Pembelajaran IPA di SMPN 2 SEMPU. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(4), 396–402. https://doi.org/10.31764/JUSTEK.V6I4.19797
Priharsari, D. (2022). Systematic Literature Review di Bidang Sistem Informasi dan Ilmu Komputer. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(2), 263. https://doi.org/10.25126/JTIIK.2022923884
Putri, A., & Huriyah, H. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Mobile Learning Terhadap Hasil Belajar Materi Pecahan Pada Siswa Kelas V Di Mi Al-Khairiyah Banjarbaru. Darris: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 117–129. https://doi.org/10.47732/DARRIS.V7I2.529
Rosanti, N., Mu’amar, M., & Setiyoko, D. T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Mobile Learning Terhadap Hasil Belajar dan Kedisiplinan Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 298–306. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7076566
Rosyadi, A. Y. (2022). Implementasi mobile learning berbasis android terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik kelas XI-TIPTL di SMK Pekerjaan Umum Negeri Bandung. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(1), 40–47. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.108
Saparuddin, P, M., Ismail, Sahribulan, & P, D. D. P. U. S. (2022). Optimalisasi Quizizz Sebagai Gamifikasi Pembelajaran Untuk Mendukung Adaptasi Teknologi Bagi Guru di SMP Negeri 21 Bulukumba. Jurnal Abdimas Indonesia, 2.
Usman, M., Julianti, & Julianti, F. (2021). Efektivitas Penggunaan Mobile Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5859
Wahidin, D., & Wati, I. (2024). Peluang Dan Tantangan Transformasi Digital Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 9, 311–322. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/5474
Wahyuningtiyas, K. P., Bachri, S., & Muktiningsih, M. (2024). Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 141–149. https://doi.org/10.17977/UM084V2I22024P141-149
Wati, M., Syamsuddin, A., & Rukli, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Mobile Learning Terhadap Kemampuan Kolaborasi Matematika Siswa Kelas IV SD. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 5(1), 56–64. https://doi.org/10.31605/IJES.V5I1.1834
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ghea Chandra Surawan, Bayu Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.