Pengaruh Mobile Learning terhadap Hasil Belajar Peserta didik di Indonesia: Sebuah Kajian Literatur

Authors

  • Ghea Chandra Surawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung
  • Bayu Saputra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v5i2.11672

Keywords:

mobile learning, hasil belajar, pendidikan Indonesia, teknologi pembelajaran, pembelajaran digital

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

Transformasi teknologi telah mendorong perubahan besar dalam dunia pendidikan termasuk di Indonesia Salah satu inovasi penting dalam transformasi ini adalah mobile learning yaitu pemanfaatan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet untuk mendukung proses belajar mengajar Kajian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh < em>mobile learning < em>terhadap hasil belajar peserta didik di Indonesia menggunakan pendekatan Systematic Literature Review SLR terhadap sepuluh artikel ilmiah yang diterbitkan tahun 2019 2024 Hasil dari kajian menunjukkan bahwa implementasi < em>mobile learning < em>secara konsisten memberikan dampak positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik baik secara kognitif afektif maupun psikomotor Selain itu < em>mobile learning < em>juga mampu meningkatkan motivasi minat keterlibatan aktif dan kolaborasi peserta didik < em>Mobile Learning < em>yang saat ini banyak digunakan diantaranya Quizizz multimedia berbasis Android permainan edukatif dan aplikasi interaktif Meskipun terbukti efektif penerapannya masih memerlukan kesiapan dari pendidik dan peserta didik serta pengembangan berkelanjutan terhadap media pembelajaran berbasis mobile juga masih dimungkinkan Temuan ini menunjukkan bahwa < em>mobile learning < em>berpotensi besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan layak untuk terus dikembangkan di masa depan < em>< p>

ABSTRACT< strong>< p>

Technological transformation has driven significant changes in the field of education including in Indonesia One of the key innovations in this transformation is mobile learning which refers to the use of mobile devices such as smartphones and tablets to support the teaching and learning process This study aims to analyze the impact of mobile learning on student learning outcomes in Indonesia using a Systematic Literature Review SLR approach based on ten scholarly articles published between 2019 and 2024 The findings consistently show that the implementation of mobile learning has a positive and significant effect on improving students learning outcomes including cognitive affective and psychomotor domains Moreover mobile learning also enhances students motivation interest active engagement and collaboration Commonly used mobile learning tools include Quizizz Android based multimedia educational games and interactive applications Despite its proven effectiveness successful implementation still requires preparedness from both educators and learners and there is still room for further development of mobile based learning media These findings indicate that mobile learning holds great potential to enhance the quality of education in Indonesia and is worth continuous development in the future < em>< p>

References

Abdjul T Monoarfa R Uloli R 2022 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Ryleac Berbasis Mobile Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sma Negeri 2 Gorontalo ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika 8 1 123 127 https: doi org 10 31764 ORBITA V8I1 8073

Ardiansyah Abd A Nana N 2020 Peran Mobile Learning sebagai Inovasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran di Sekolah Indonesian Journal of Educational Research and Review 3 1 47 56 https: doi org 10 23887 IJERR V3I1 24245

Bangsawan G 2023 Kebijakan Akselerasi Transformasi Digital di Indonesia: Peluang dan Tantangan untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif Jurnal Studi Kebijakan Publik 2 1 27 40 https: doi org 10 21787 jskp 2 2023 27 40

Fardila S Arief M 2021 Pengembangan mobile learning berbasis articulate storyline 3 pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan self regulated learning dan hasil belajar siswa studi pada kelas x OTKP di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Pendidikan 1 4 344 356 https: doi org 10 17977 UM066V1I42021P344 356

Gill S n d How Many People Own Smartphones in the World? 2024 2029 Priori Data Https: Prioridata Com Data Smartphone Stats

How Many People Have Smartphones in 2024? 2024 https: www oberlo com statistics how many people have smartphones

Marta Wijayanti D Ahmadi F Dasar P 2019 Keefektifan Mobile Learning Media Bermuatan Ethnoscience terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 6 2 129 136 https: doi org 10 69896 MODELING V6I2 463

Najjar S Oktasari H 2023 October Embracing Mobile Learning In Education: Membuka Keuntungan Menghadapi Tantangan dan Menjelajahi Prospek Masa Depan

Oktavian R Fitra Aldya R 2020 Efektifitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4 0 Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan 20 2 https: doi org 10 30651 didaktis v20i2 4763

Pramudita A D Supriadi B Anggraeni A W Rahayu T 2023 Pengaruh Penggunaan Perangkat Mobile Learning Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Pembelajaran IPA di SMPN 2 SEMPU Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi 6 4 396 402 https: doi org 10 31764 JUSTEK V6I4 19797

Priharsari D 2022 Systematic Literature Review di Bidang Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 9 2 263 https: doi org 10 25126 JTIIK 2022923884

Putri A Huriyah H 2024 Pengaruh Media Pembelajaran Mobile Learning Terhadap Hasil Belajar Materi Pecahan Pada Siswa Kelas V Di Mi Al Khairiyah Banjarbaru Darris: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7 2 117 129 https: doi org 10 47732 DARRIS V7I2 529

Rosanti N Mu amar M Setiyoko D T 2022 Pengaruh Penggunaan Media Mobile Learning Terhadap Hasil Belajar dan Kedisiplinan Peserta Didik Sekolah Dasar Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8 17 298 306 https: doi org 10 5281 ZENODO 7076566

Rosyadi A Y 2022 Implementasi mobile learning berbasis android terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik kelas XI TIPTL di SMK Pekerjaan Umum Negeri Bandung JURNAL JENDELA PENDIDIKAN 2 1 40 47 https: doi org 10 57008 jjp v2i01 108

Saparuddin P M Ismail Sahribulan P D D P U S 2022 Optimalisasi Quizizz Sebagai Gamifikasi Pembelajaran Untuk Mendukung Adaptasi Teknologi Bagi Guru di SMP Negeri 21 Bulukumba Jurnal Abdimas Indonesia 2

Usman M Julianti Julianti F 2021 Efektivitas Penggunaan Mobile Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Jurnal Prakarsa Paedagogia 3 2 https: doi org 10 24176 jpp v3i2 5859

Wahidin D Wati I 2024 Peluang Dan Tantangan Transformasi Digital Di Indonesia Prosiding Seminar Nasional Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi 9 311 322 https: proceeding unpkediri ac id index php senmea article view 5474

Wahyuningtiyas K P Bachri S Muktiningsih M 2024 Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Journal of Innovation and Teacher Professionalism 2 2 141 149 https: doi org 10 17977 UM084V2I22024P141 149

Wati M Syamsuddin A Rukli R 2022 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Mobile Learning Terhadap Kemampuan Kolaborasi Matematika Siswa Kelas IV SD Indonesian Journal of Educational Science IJES 5 1 56 64 https: doi org 10 31605 IJES V5I1 1834

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Pengaruh Mobile Learning terhadap Hasil Belajar Peserta didik di Indonesia: Sebuah Kajian Literatur. (2025). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(2), 193 203. https://doi.org/10.53682/edutik.v5i2.11672