Penerimaan Calon Konsumen Terhadap Pesan Iklan Youtube Skincare Ponds Men: Studi Kualitatif

Authors

  • Mega Rifandiah Sahra Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, Institut Pertanian Bogor
  • Leonard Dharmawan Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, Institut Pertanian Bogor

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11683

Keywords:

Resepsi Khalayak, Iklan YouTube, Skincare Pria, Ponds Men, Teori Stuart Hall

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

< strong>Peningkatan kesadaran pria terhadap perawatan kulit mendorong brand skincare seperti Ponds Men untuk menyampaikan pesan promosi melalui platform digital seperti YouTube Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana calon konsumen menanggapi pesan iklan YouTube Ponds Men dengan menggunakan pendekatan teori resepsi Stuart Hall Penelitian dilakukan secara kualitatif melalui wawancara mendalam terhadap informan pria berusia 18 25 tahun yang merupakan pengguna aktif YouTube dan memiliki ketertarikan terhadap produk perawatan kulit Data dianalisis dengan mengkategorikan tanggapan audiens ke dalam tiga jenis pembacaan: dominant preferred reading negotiated reading dan oppositional reading Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerimaan pesan iklan sangat dipengaruhi oleh latar belakang pengalaman pribadi nilai nilai individu serta persepsi terhadap representasi maskulinitas dalam iklan Temuan ini penting dalam memberikan wawasan kepada perusahaan mengenai bagaimana konsumen memaknai iklan secara aktif bukan pasif Penelitian ini diharapkan menjadi referensi strategis dalam pengembangan konten promosi digital yang lebih relevan dan efektif untuk audiens pria di era media sosial < em>< p>

ABSTRACT< strong>< p>

< strong>The increasing awareness among men regarding skincare has encouraged brands like Ponds Men to deliver promotional messages through digital platforms such as YouTube This study aims to analyze how prospective consumers respond to Ponds Men s YouTube advertisements by employing Stuart Hall s reception theory The research utilizes a qualitative approach conducting in depth interviews with male informants aged 18 25 who are active YouTube users and have an interest in skincare products The data were analyzed by categorizing audience responses into three types of readings: dominant preferred reading negotiated reading and oppositional reading The findings indicate that the reception of advertising messages is significantly influenced by personal background individual values and perceptions of masculinity as represented in the advertisements These results provide valuable insights for companies highlighting that consumers actively interpret advertisements rather than passively receiving them This research is expected to serve as a strategic reference for developing more relevant and effective digital promotional content targeting male audiences in the era of social media < em>< p>

References

Adha S 2022 Faktor Revolusi Perilaku Konsumen Era Digital : Sebuah Tinjauan Literatur Jipis 31 2 134 148

Dharmawan L Muljono P Retno H D Priyo P B 2022 Pemanfaatan Komunikasi Inovasi Digital Pertanian Perkotaan di Masa Pandemi Covid 19 Jurnal Penyuluhan 19 01 1 11

Dwiputra K O 2021 Analisis resepsi khalayak terhadap pemberitaan Covid 19 di klikdokter com Jurnal Komunikasi Profesional 5 1 26 37

Herlyana F Utami L S S 2020 Pengaruh Daya Tarik Iklan di Konvergensi Media Terhadap Brand Awareness Studi Iklan Tiket com di YouTube Pada Kalangan Generasi Z di Jakarta Prologia 4 1 160

Kastella Y C 2023 Persepsi Pria Milenial Pada Product Labeling Skincare Dinamis 20 1 35 43

Kuahaty S S Berlianty T Pesulima T L Balik A Lesnussa M 2021 Pendidikan Perlindungan Konsumen Kepada Masyarakat Desa Di Kecamatan Teon Nila Serua Kabupaten Maluku Tengah AIWADTHU Jurnal Pengabdian Hukum 1 2 63

Kusumadewi A N Munawar M Urfa I B 2022 Analisis Epic Model Terhadap Efektivitas Iklan Online Sebagai Media Promosi Di Youtube Terhadap Keputusan Pembelian Pocari Sweat

Malafitri N Zuhri S Achmad Z A 2022 Analisis Resepsi Generasi Z Surabaya Terhadap Standar Kecantikan pada Laki Laki dalam Iklan MS Glow for Men Representamen 8 1 40 55

Meilasari S H Wahid U 2020 Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Isi Pesan Pada Iklan Wardah Cosmetics Long Lasting Lipstic Feel The Color Jurnal Komunikasi 11 1 1 8

Gohae M Dakhi P Duha T 2021 Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ud Anisa Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan Jurnal Ilmu Mahasiswa Nias Selatan 4 2 297 308

Mauludin S M Saputra D A Sari Z A Munawaroh I Erica 2023 Analisis Perilaku Konsumen dalam Transaksi di E commerce Indonesa Jurnal Computer Science 12 6

Murtini M Listyawati I H Prasetyanto W E 2023 Efektivitas Iklan di Youtube dan Komunitas Merek serta pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi 10 2 107 121

Nardo L Prasetiyo B 2022 Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada Dealer Cv Supra Jaya Motor Cianjur Transekonomika Akuntansi Bisnis dan Keuangan 2 5 433 448

Pasaribu M Retna D Y Oktaviani W 2024 Penggunaan Konten Youtube Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Pada Brand Jakarta Uncensored Jurnal Cyber PR 4 1 29 39

Putranto T D Suyanto B Ariad S Santos R R T 2021 The discourse of men s facial care products in Instagram from the Foucauldian perspective Jurnal Studi Komunikasi Indonesian Jurnal Communication Study 5 1 :37

Riskiy S R Hapsari R 2022 Interpretasi Maskulinitas Pada Iklan Skincare Pria Studi Resepsi Stuart Hall pada Khalayak Pria BroadComm 4 1 45 56

Santoso R Erstiawan M S Kusworo A Y 2020 Inovasi Produk Kreatifitas Iklan Dan Brand Trust Mendorong Keputusan Pembelian Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis 5 2 133 145

Santoso S 2021 Analisis Resepsi Audiens Terhadap Berita Kasus Meiliana di Media Online Komuniti Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi 12 2 140 154

Wahyana N A Koswara I Subekti P 2025 Strategi Story Telling dalam Video Future untuk Memperkuat Identitas Desa Wisata EduTik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 5 2 171 187

[UU] Undang undang Republik Indonesia Nomor 8 tahun 1999 Pasal 1 Ayat 2 Tentang Perlindungan Konsumen 1999

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Penerimaan Calon Konsumen Terhadap Pesan Iklan Youtube Skincare Ponds Men: Studi Kualitatif. (2025). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(3), 223 235. https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11683