Pengembangan Modul Pembelajaran Informatika di SMA Berbasis Video Interaktif
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11704Keywords:
Pendidikan, video pembelajaran, media interaktif, informatika, R&D, ADDIEAbstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan landasan utama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan merupakan tanggung jawab bersama antara negara dan warganya. Perkembangan teknologi, khususnya dalam bidang komputer dan media digital, memberikan peluang besar dalam inovasi pembelajaran. Salah satu bentuk inovasi tersebut adalah penggunaan video pembelajaran yang interaktif. Video memiliki keunggulan dalam menyampaikan informasi melalui kombinasi visual, audio, dan animasi, sehingga mampu meningkatkan minat serta pemahaman siswa terhadap materi. Hasil observasi di SMA Negeri 2 Tondano menunjukkan kurangnya penggunaan video pembelajaran pada mata pelajaran Informatika, yang berdampak pada rendahnya partisipasi dan antusiasme siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis video interaktif pada mata pelajaran Informatika dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) melalui prosedur pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Diharapkan, modul ini dapat menjadi alternatif solusi untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran serta hasil belajar siswa.
ABSTRACT
Education is the main foundation in improving the quality of human resources and is a shared responsibility between the state and its citizens. The development of technology, especially in the fields of computers and digital media, provides great opportunities for learning innovation. One form of this innovation is the use of interactive learning videos. Videos have the advantage of conveying information through a combination of visuals, audio, and animation, so that they can increase students' interest and understanding of the material. The results of observations at SMA Negeri 2 Tondano showed the lack of use of learning videos in Informatics subjects, which resulted in low student participation and enthusiasm in learning. Therefore, this study aims to develop an interactive video-based learning module in Informatics subjects using the Research and Development (R&D) method through the Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE) development procedure. It is hoped that this module can be an alternative solution to improve the effectiveness of the learning process and student learning outcomes.
References
Aka, K. A. (2019, October). Integration Borg & Gall (1983) and Lee & Owen (2004) models as an alternative model of design-based research of interactive multimedia in elementary school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1318, No. 1, p. 012022). IOP Publishing.
Binarso, Y. A., Sarwoko, E. A., & Bahtiar, N. (2012). Pembangunan sistem informasi alumni berbasis web pada program studi teknik informatika universitas diponegoro. Journal of informatics and Technology, 1(1), 72-84.
Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan generasi emas indonesia tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains Dan Pendidikan Informatika, 3(2), 73-87.
Pageno, R. B., Salmilah, S., & Wiratman, A. (2024). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Doratoon pada Materi Ekosistem Siswa Kelas V SDN 09 Mattekko. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(4), 241-254.
Pebriyanti, I., Divayana, D. G. H., & Kesiman, M. W. A. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran informatika kelas VII di SMP Negeri 1 Seririt. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 10(1), 50-58.
Rohima, N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa.
Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan e-modul mata kuliah strategi pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(2).
Sujono, S., Mayasari, M. S., & Koloniawan, K. (2019). Prototipe aplikasi simpan pinjam pada koperasi darma karya Pangkalpinang Babel. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 8(1), 68-73.
Susanti, W., Kom, S., & Kom, M. (2021). Pembelajaran aktif, Kreatif, dan Mandiri pada mata kuliah algoritma dan pemrograman. Samudra Biru.
Uno, H. B., Lamatenggo, N., Koni, S. M., & Ispurwanti, D. (2011). Menjadi peneliti PTK profesional. Penerbit oleh Bumi Aksara.
Yuliana, V., Copriady, J., & Erna, M. (2023). Pengembangan e-modul kimia interaktif berbasis pendekatan saintifik menggunakan liveworksheets pada materi laju reaksi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 1-12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Christaria Edwina Priscilia Wowor, Indra Rianto, Daniel Riano Kaparang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.