Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Dasar TJKT Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Lolak

Authors

  • Jessicha Christian Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Herry Sumual Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Indra Rianto Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11705

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Dasar TJKT

References

Arifin, M., Sari, A. P., & Tama, A. M. (2017). Implikasi Teori Belajar Sibernetik dalam Proses Pembelajaran dan Penerapan IT di Era Modern. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (TheProgressive &Fun Education Seminar) ke (Vol. 2).

Atikah, I., Fauzi, M. A. R. A., & Firmansyah, R. (2024). Penerapan strategi diferensiasi konten dan proses pada gaya belajar berbasis model problem based learning. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(2), 11-11.

Dehong, R., Kaleka, M. B. U., & Rahmawati, A. S. (2020). Analisis langkah-langkah penerapan model discovery learning dalam pembelajaran fisika. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(02), 131-139.

Fadholi, A., & Mahmud, M. Y. (2024). Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Mts Mahdaliyah Kota Jambi. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 151-174.

Farid, A. (2023). Literasi digital sebagai jalan penguatan pendidikan karakter di era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580-597.

Febrina, A. (2022). BAB 3 MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Model-Model Pembelajaran, 29.

Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61-68.

Lestari, C. R., Fahmy, Z., Wati, M. L. K., Wagiran, W., & Subyantoro, S. (2024). Tinjauan Holistik Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di UIN Walisongo: Pendekatan Inovatif dengan Model CIPP. GERAM: Gerakan Aktif Menulis, 12(1), 179-192.

Miasari, R. S., Indar, C., Pratiwi, P., Purwoto, P., Salsabila, U. H., Amalia, U., & Romli, S. (2022). Teknologi pendidikan sebagai jembatan reformasi pembelajaran di Indonesia lebih maju. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1), 471208.

Rerung, N., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran problem-based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47-55.

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2023). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar.

Sudjana. (2018). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Taguriri, V. C., Palilingan, V. R., & Kaparang, D. R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Konsentrasi Keahlian TKJT Kelas XI SMK N 2 Bitung. Journal of Education Method and Technology: JEMTech, 66-70.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Christian, J. ., Sumual, H. ., & Rianto, I. . (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Dasar TJKT Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Lolak. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(3), 528-541. https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11705