Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Dasar TJKT Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Lolak

Authors

  • Jessicha Christian Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Herry Sumual Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Indra Rianto Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11705

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Dasar TJKT

References

Arifin M Sari A P Tama A M 2017 Implikasi Teori Belajar Sibernetik dalam Proses Pembelajaran dan Penerapan IT di Era Modern In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan TheProgressive Fun Education Seminar ke Vol 2

Atikah I Fauzi M A R A Firmansyah R 2024 Penerapan strategi diferensiasi konten dan proses pada gaya belajar berbasis model problem based learning Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia 1 2 11 11

Dehong R Kaleka M B U Rahmawati A S 2020 Analisis langkah langkah penerapan model discovery learning dalam pembelajaran fisika EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika 5 02 131 139

Fadholi A Mahmud M Y 2024 Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Mts Mahdaliyah Kota Jambi IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam 2 2 151 174

Farid A 2023 Literasi digital sebagai jalan penguatan pendidikan karakter di era Society 5 0 Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 6 3 580 597

Febrina A 2022 BAB 3 MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING Model Model Pembelajaran 29

Fernando Y Andriani P Syam H 2024 Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan 2 3 61 68

Lestari C R Fahmy Z Wati M L K Wagiran W Subyantoro S 2024 Tinjauan Holistik Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di UIN Walisongo: Pendekatan Inovatif dengan Model CIPP GERAM: Gerakan Aktif Menulis 12 1 179 192

Miasari R S Indar C Pratiwi P Purwoto P Salsabila U H Amalia U Romli S 2022 Teknologi pendidikan sebagai jembatan reformasi pembelajaran di Indonesia lebih maju Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi 2 1 471208

Rerung N Sinon I L Widyaningsih S W 2017 Penerapan model pembelajaran problem based learning PBL untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al Biruni 6 1 47 55

Suardipa I P Primayana K H 2023 Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Widyacarya: Jurnal Pendidikan Agama dan Budaya 4 2 88 100

Sudjana N 2010 Penilaian hasil proses belajar mengajar

Sudjana 2018 Metode Statistika Bandung: Tarsito

Taguriri V C Palilingan V R Kaparang D R 2024 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Konsentrasi Keahlian TKJT Kelas XI SMK N 2 Bitung Journal of Education Method and Technology: JEMTech 66 70

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Dasar TJKT Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Lolak. (2025). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(3), 528 541. https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11705