Strategi Pengelolaan Media Sosial Berbasis Nolimit di Fraksi Partai Demokrat DPR RI dalam Meningkatkan Interaksi Publik
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11747Keywords:
komunikasi politik digital, Fraksi Partai Demokrat, , strategi media sosial, interaksi publik, NoLimit DashboardAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana Fraksi Partai Demokrat DPR RI mengelola media sosial mereka dengan menggunakan platform NoLimit untuk meningkatkan interaksi dengan publik. Di era digital saat ini, media sosial menjadi alat penting bagi partai politik dalam berkomunikasi dengan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis data dari dashboard NoLimit. Kerangka teori yang digunakan mencakup konsep-konsep seperti value proposition, segmentasi, serta feedback & control dalam strategi media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fraksi Partai Demokrat telah memanfaatkan media sosial untuk membangun citra yang lebih terbuka dan aspiratif, namun interaksi yang terjadi masih lebih banyak satu arah. Beberapa kendala dalam pengelolaan konten dan evaluasi efektivitas strategi juga ditemukan, yang membuat interaksi publik belum optimal. Berdasarkan temuan ini, penelitian ini merekomendasikan agar evaluasi strategi media sosial lebih terintegrasi dengan data analitik untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan publik.
ABSTRACT
This study aims to understand how the Fraksi Partai Demokrat of the Indonesian House of Representatives (DPR RI) manages its social media using the NoLimit platform to enhance public interaction. In today's digital age, social media has become a crucial tool for political parties to communicate with the public. This research uses a qualitative approach, with data collection methods including interviews, observations, and data analysis from the NoLimit dashboard. The theoretical framework includes concepts such as value proposition, segmentation, and feedback & control in social media strategies. The findings show that the Fraksi Partai Demokrat has utilized social media to build a more open and aspirational image. However, the interactions remain largely one-sided. Several challenges in content management and the evaluation of strategy effectiveness were identified, which hinder the optimization of public interaction. Based on these findings, the study recommends a more integrated evaluation of social media strategies using analytical data to improve public engagement and interaction.
References
Adhyanti WP, Kurnia D, Putra S. 2022. Strategi Pengelolaan Media Sosial Instagram Dalam Memabangun Brand Image Kampung Inggris Bandung Eplc.
Friedrichsen, M. (2013). Handbook of social media management: Value chain and business models in changing media markets. Springer.
Hikmawati F. 2020. Metodologi Penelitian. Cetakan Ke-4. Depok: Rajawali Pers.
Noorikhsan, F. F., Ramdhani, H., Sirait, B. C., & Khoerunisa, N. (2023). Dinamika Internet, Media Sosial, dan Politik di Era Kontemporer: Tinjauan Relasi Negara-Masyarakat. Journal of Political Issues, 5(1), 95-109.
Nurdin L, Hartati S. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Media: Sahabat Cendekia.
Purwoko, G. S., & Nataly, F. (2023). Analisis Strategi Pengelolaan Media Sosial Dalam Menyebarkan Konten Berita Di Instagram Mata Milenial Indonesia TV Tahun 2023. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial Politik, 1(2), 91-95.
Santoso, H., Priatna, W. B., & Oktarina, S. (2022). Implementation Of The Digital Communication Model For Agro-Based Tourism Villages In Balongrejo Village And Pesudukuh Village, Nganjuk Regency. Int. J. Prog. Sci, 35, 458-467.
Sekretariat Negara Republik Indonesia. 2024. Politik digital: Keterlibatan media sosial dalam meningkatkan partisipasi politik generasi muda pada pesta demokrasi 2024. Sekretariat Negara RI. Diakses pada Maret 2025, dari https://www.setneg.go.id/baca/index/politik_digital_keterlibatan_media_sosial_dalam_meningkatkan_partisipasi_politik_generasi_muda_pada_pesta_demokrasi_2024
We Are Social. 2024. Digital 2024 October Global Statshot Report.
Wike, R., Silver, L., Fetterolf, J., Huang, C., Austin, S., Clancy, L., & Gubbala, S. (2022). Social media seen as mostly good for democracy across many nations, but US is a major outlier (Vol. 6). Washington, DC, USA: Pew Research Center.
Zempi, C. N., Kuswanti, A., & Maryam, S. (2023). Analisis Peran Media Sosial Dalam Pembentukan Pengetahuan Politik Masyarakat. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 116-123.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Shavira Nazwa Azzahra, Hudi Santoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.