Strategi Public Relations dalam Kampanye #BatasiGGL Terhadap Brand Reputation PT Nutrifood
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11771Keywords:
Public Relations, Strategi Komunikasi, Brand ReputationAbstract
ABSTRAK
Fenomena prevalensi penyakit tidak menular di Indonesia masih menjadi kekhawatiran dalam isu kesehatan. Sebagai perusahaan makanan dan minuman yang berfokus pada kesehatan, Nutrifood memiliki misi untuk menginspirasi masyarakat agar hidup lebih sehat, salah satu inisiasinya adalah kampanye #BatasiGGL atau pembatasan gula, garam, dan lemak. Kampanye ini menjadi fokus dalam penelitian ini. Strategi yang telah dijalankan selama lebih dari satu dekade turut berkontribusi dalam membentuk citra publik Nutrifood. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan analisis strategi public relations Nutrifood dilakukan dengan menggunakan teori P.E.N.C.I.L.S yang dikemukakan oleh Kriyantono, dengan indikator publications, event, news, community involvement, identity/image, dan social responsibility. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi public relations yang diterapkan oleh Nutrifood sejalan dengan teori P.E.N.C.I.L.S. Selama lebih dari satu dekade, strategi tersebut berpotensi meningkatkan kesadaran konsumen dan jurnalis, serta memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan citra dan reputasi Nutrifood.
ABSTRACT
The prevalence of non-communicable diseases in Indonesia remains a significant concern in public health. As a health-oriented food and beverage company, Nutrifood has a mission to inspire people to live healthier lives, one of which is through the #BatasiGGL campaign, promoting the reduction of sugar, salt, and fat consumption. This campaign is the main focus of this study. The strategies implemented over more than a decade have contributed to shaping Nutrifood’s public image. This research adopts a qualitative approach, and the analysis of Nutrifood’s public relations strategy is based on the P.E.N.C.I.L.S theory by Kriyantono, which includes indicators such as publications, events, news, community involvement, identity/image, and social responsibility. The findings of this study indicate that Nutrifood’s public relations strategy aligns with the P.E.N.C.I.L.S framework. Over more than a decade, this strategy has shown potential in raising awareness among consumers and journalists, while contributing positively to the development of Nutrifood’s brand image and reputation.
References
Adnanputra, A. S. (2005). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Network Bhakti Persada.
Anggraeni, T. (2023). Proses Community Development PT PLN Indonesia Power Mrica Power Generation Unit (PGU) Sebagai Bagian Dari Program CSR (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta).
Bernays, E. L. (2013). Public relations. University of Oklahoma Press.
Fariastuti, I., & Pasaribu, M. (2020). Kampanye Public Relations# Medialawancovid19 Di Media Massa. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(2), 212-220.
Jefkins, F., & Yadin, D. (2003). Public Relations edisi kelima. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Kriyantono, R. (2021). Baest practice humas (public relations) bisnis dan pemerintah: Manajemen humas, teknik produksi media publisitas dan public relations writing. Prenada Media.
Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian kualitatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9680-9694.
Soeryohadi, A., Adiwijaya, M., Subagio, H., & Herjanto, H. (2021). The Effect of Brand Reputation, Brand Relationship Quality and Switching Cost to Brand Loyalty (Doctoral dissertation, Petra Christian University).
We Are Social. 2024. Digital 2024 October Global Statshot Report.
Wilcox, D. L., Cameron, G. T., & Reber, B. H. (2015). Public relations: Strategies and tactics. Pearson.
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83-91.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhamad Sya’rani, Alfi Rahmawati, Tasya Camila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.