Strategi Public Relations dalam Kampanye BatasiGGL Terhadap Brand Reputation PT Nutrifood

Authors

  • Muhamad Sya’rani Program Studi Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University
  • Alfi Rahmawati Program Studi Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University
  • Tasya Camila Program Studi Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11771

Keywords:

Public Relations, Strategi Komunikasi, Brand Reputation

Abstract

ABSTRAK< strong>< em>< p>

Fenomena prevalensi penyakit tidak menular di Indonesia masih menjadi kekhawatiran dalam isu kesehatan Sebagai perusahaan makanan dan minuman yang berfokus pada kesehatan Nutrifood memiliki misi untuk menginspirasi masyarakat agar hidup lebih sehat salah satu inisiasinya adalah kampanye BatasiGGL atau pembatasan gula garam dan lemak Kampanye ini menjadi fokus dalam penelitian ini Strategi yang telah dijalankan selama lebih dari satu dekade turut berkontribusi dalam membentuk citra publik Nutrifood Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis strategi public relations Nutrifood dilakukan dengan menggunakan teori P E N C I L S yang dikemukakan oleh Kriyantono dengan indikator publications event news community involvement identity image dan social responsibility Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi public relations yang diterapkan oleh Nutrifood sejalan dengan teori P E N C I L S Selama lebih dari satu dekade strategi tersebut berpotensi meningkatkan kesadaran konsumen dan jurnalis serta memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan citra dan reputasi Nutrifood < em>< p>

ABSTRACT < strong>< p>

< strong>The prevalence of non communicable diseases in Indonesia remains a significant concern in public health As a health oriented food and beverage company Nutrifood has a mission to inspire people to live healthier lives one of which is through the BatasiGGL campaign promoting the reduction of sugar salt and fat consumption This campaign is the main focus of this study The strategies implemented over more than a decade have contributed to shaping Nutrifood s public image This research adopts a qualitative approach and the analysis of Nutrifood s public relations strategy is based on the P E N C I L S theory by Kriyantono which includes indicators such as publications events news community involvement identity image and social responsibility The findings of this study indicate that Nutrifood s public relations strategy aligns with the P E N C I L S framework Over more than a decade this strategy has shown potential in raising awareness among consumers and journalists while contributing positively to the development of Nutrifood s brand image and reputation < em>< p>

References

Adnanputra A S 2005 Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi Jakarta: PT Network Bhakti Persada

Anggraeni T 2023 Proses Community Development PT PLN Indonesia Power Mrica Power Generation Unit PGU Sebagai Bagian Dari Program CSR Doctoral dissertation Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta

Bernays E L 2013 Public relations University of Oklahoma Press

Fariastuti I Pasaribu M 2020 Kampanye Public Relations Medialawancovid19 Di Media Massa Jurnal Pustaka Komunikasi 3 2 212 220

Jefkins F Yadin D 2003 Public Relations edisi kelima Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama

Kriyantono R 2021 Baest practice humas public relations bisnis dan pemerintah: Manajemen humas teknik produksi media publisitas dan public relations writing Prenada Media

Safarudin R Zulfamanna Z Kustati M Sepriyanti N 2023 Penelitian kualitatif Innovative: Journal Of Social Science Research 3 2 9680 9694

Soeryohadi A Adiwijaya M Subagio H Herjanto H 2021 The Effect of Brand Reputation Brand Relationship Quality and Switching Cost to Brand Loyalty Doctoral dissertation Petra Christian University

We Are Social 2024 Digital 2024 October Global Statshot Report

Wilcox D L Cameron G T Reber B H 2015 Public relations: Strategies and tactics Pearson

Yuliani W 2018 Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan 2 2 83 91

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Strategi Public Relations dalam Kampanye BatasiGGL Terhadap Brand Reputation PT Nutrifood. (2025). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(3), 328 336. https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11771