Strategi Kampanye Digital di Instagram Detikcom Untuk Meningkatkan Engagement Melalui Meta Business Suite
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11774Keywords:
Kampanye digital, Engagement, Media sosial, DetikcomAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
< strong>Perkembangan era digital telah mengubah cara masyarakat mengakses informasi dengan media sosial menjadi sumber utama berita yang cepat ringkas dan interaktif Menghadapi penurunan kepercayaan terhadap media daring konvensional Detikcom berupaya meningkatkan engagement melalui kampanye digital di Instagram Penelitian ini menganalisis kampanye Tunjangan Nonton Konser Coldplay yang dirancang dan dieksekusi Detikcom dengan memanfaatkan Meta Business Suite Menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam observasi dan studi pustaka penelitian ini mengacu pada teori kampanye komunikasi Bobbitt dan Sullivan 2013 yang membagi proses kampanye dalam tiga tahap: perencanaan pelaksanaan dan evaluasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan kampanye dipengaruhi oleh kemampuan untuk memanfaatkan momen viral atau riding the wave penggunaan copywriting emosional dengan hypnowriting dan konten visual menarik Kampanye ini berhasil menciptakan interaksi tinggi dengan lebih dari 53 ribu likes dan 5 ribu komentar Evaluasi berkala memungkinkan penyesuaian strategi secara real time menjaga relevansi kampanye Studi ini merekomendasikan pentingnya pemahaman audiens dan dinamika sosial untuk menyusun kampanye digital yang efektif dalam era persaingan media yang semakin ketat < em>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
< strong>The digital era has transformed how society accesses information with social media now serving as the primary source for quick concise and interactive news In response to the decline in trust towards conventional online media Detikcom strives to boost audience engagement through digital campaigns on Instagram This study aims to analyze how Detikcom s Coldplay Concert Ticket Benefit campaign was designed and executed using Meta Business Suite Employing a qualitative approach through in depth interviews observations and literature reviews the research is based on the communication campaign framework by Bobbitt and Sullivan 2013 which divides the campaign process into three stages: planning implementation and evaluation The findings indicate that the campaign s success was influenced by the ability to ride viral moments the use of emotional copywriting hypnowriting and engaging visual content The campaign achieved high interaction with over 53 000 likes and 5 000 comments Regular evaluations allowed for real time strategy adjustments keeping the campaign relevant This study recommends the importance of a deep understanding of the audience and social dynamics to create effective digital campaigns in an increasingly competitive media landscape < em>< p>
References
Agusta I 2003 Teknik pengumpulan dan analisis data kualitatif Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Litbang Pertanian Bogor 27 10 179 188
Bobbitt R Sullivan R 2012 Developing the public relations campaign Pearson Higher Ed
detikFinance 2023 Mei 17 Viral bos perusahaan beri pinjaman ke karyawan untuk nonton Coldplay bunga 0 https: finance detik com berita ekonomi bisnis d 6716689 viral bos perusahaan beri pinjaman ke karyawan untuk nonton coldplay bunga 0
GoodStats 2024 Maret 20 10 portal berita online yang paling sering digunakan di Indonesia 2024 https: data goodstats id statistic 10 portal berita online yang paling sering digunakan di indonesia 2024 CH3pu
Komalasari P WS J A 2023 Interaktivitas Pengunaan Media Sosial Instagram Kahe Id Dalam Meningkatkan Customer Engagement Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi 4 3 1365 1379
Latifa I Pribadi F 2021 Peran Lembaga Pendidikan Nonformal dalam Mengatasi Pengangguran di Era Digital Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha 3 3 137 146
Monggilo Z M Z 2020 Analisis konten kualitatif hoaks dan literasi digital dalam@ komikfunday Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 9 1 1 18
Nugraha A Maesaroh S S Nuryadin A 2024 Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Engagement Media Sosial Instagram@ sukabumi_ Jurnal Mirai Management 9 1 1008 1015
Prayogo P 2021 Strategi kampanye public relations Beautynesia: BeautyEverAfter Journal of Public Relations Studies 2 2 64 75
Puspita N A Samatan N 2022 Efektivitas media sosial akun Instagram @detikcom dalam pemenuhan kebutuhan informasi Jurnal PIKMA: Publikasi Media dan Cinema 4 2 112 117
Santoso H Priatna W B Oktarina S 2022 Implementation Of The Digital Communication Model For Agro Based Tourism Villages In Balongrejo Village And Pesudukuh Village Nganjuk Regency Int J Prog Sci 35 458 467
Sukarno F Ananda R 2020 Kampanye komunikasi digital dalam industri kreatif Journal of Digital Communication 3 1 45 58
Ulfa D R 2020 Hubungan Terpaan Berita Politik di Media Online Detikcom Terhadap Sikap Politik Masyarakat Kota Padang Studi Deskriptif Kuantitatif Pasca Pemilihan Presiden Periode 2019 2024 Doctoral dissertation Universitas Andalas
We Are Social 2024 Oktober Digital 2024: October global statshot report https: wearesocial com id blog 2024 10 digital 2024 october global statshot report
